Polisi Terjunkan Ribuan Personel untuk Kawal Aksi Buruh di Patung Kuda

Laporan: Firdausi
Selasa, 20 Agustus 2024 | 13:58 WIB
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro. (SinPo.id/Dok. Polres Metro Jakpus)
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro. (SinPo.id/Dok. Polres Metro Jakpus)

SinPo.id - Polisi menerjunkan 1.293 personel gabungan untuk mengawal dan mengamankan jalannya aksi buruh di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. 

Personel gabungan tersebut, terdiri dari anggota Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemprov Jakarta, dan instansi terkait. 

"Pengamanan aksi unjuk rasa hari ini dari beberapa elemen di Patung Kuda dan Kemenkeu kami melibatkan 1.293 personel," kata Kapolres Metro Jakarta, Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan, Selasa, 20 Agustus 2024. 

Pengamanan diperketat, guna untuk mengantisipasi para massa aksi masuk ke dalam kawasan Istana. Sedangkan penutupan jalan hanya bersifat situasional, begitu pula rekayasa lalu lintas. 

"Apabila jumlah massanya tidak banyak, lalu lintas normal seperti biasa. Jadi kita lihat jumlah massanya," ungkapnya. 

Untuk diketahui, aksi unjuk rasa di Patung Kuda akan dimulai pukul 10.00 WIB. Ada dua tuntutan yang dilayangkan para buruh, yaitu menolak Undang-Undang Cipta Kerja dan mengawal putusan MK terhadap Undang-Undang Pilkada. 

"Tuntutan tolak Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja dan mengawal putusan MK terhadap judicial review Undang-Undang Pilkada," kata Presiden Partai Buruh, Said Iqbal.sinpo