Sisa Dua Bulan Jadi Menteri, Bahlil Ajak Dirjen ESDM Kerja Lembur

Laporan: Tio Pirnando
Senin, 19 Agustus 2024 | 15:52 WIB
Menteri ESDM Bahlil Lahadalia (SinPo.id/ BKPM)
Menteri ESDM Bahlil Lahadalia (SinPo.id/ BKPM)

SinPo.id - Usai diangkat menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggantikan Arifin Tasrif, Bahlil Lahadalia meminta seluruh pejabat eselon 1 Kementerian ESDM bekerja sampai malam alias lembur, dan di satu gedung yang sama, yaitu di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

"Untuk dirjen-dirjen, izin Pak Menteri senior (Arifin), karena waktu cuman dua bulan, mulai hari ini kalau boleh berkantor, jangan di kantor masing-masing, cari ruangan dirjen dan kita rapat sampai malam di sini," kata Bahlil dalam pidato Serah Terima Jabatan di Kementerian ESDM, Senin, 19 Agustus 2024. 

Diketahui, kantor para Dirjen Kementerian ESDM memang terpisah. Misal, Kantor Dirjen EBTKE di Gondangdia, Dirjen Migas di Kuningan, Dirjen Ketenagalistrikan juga di Kuningan, dan Dirjen Minerba di Menteng Dalam.

Bahlil menginginkan, di sisa dua bulan masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), bisa menyelesaikan tugas dengan cepat. Sebab itu, ia perlu bimbingan dan pembelajaran mengenai sektor energi ini. 

"Kita perlu untuk memitigasi persoalan ini agar bisa melakukan percepatan ya, sudah barang tentu semua ini atas seizin dan restu Pak Arifin," ucapnya. 

Lebih lanjut, Bahlil mengatakan, akan fokus pada peningkatan lifting minyak yang terus turun dengan memanfaatkan sumur-sumur idle yang sudah diberikan oleh SKK Migas.

Jika penurunan lifting minyak tak digenjot, sedangkan permintaan terus naik, maka berdampak pada peningkatan impor. 

"Kalau itu persoalan di regulasi, apa yang harus kita rubah, sweetener apa yang harus negara berikan agar kita kompetitif. Karena nggak bisa lagi gitu," kata dia.sinpo