Legislator Minta Masyarakat Hati-Hati Penipuan Bisnis Hotel di Google

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 18 Agustus 2024 | 07:34 WIB
Google
Google

SinPo.id -  Anggota Komisi X DPR RI Andreas Hugo Pareira mengimbau masyarakat berhati-hati saat ireservasi hotel. Pasalnya, marak terjadi penipuan berkedok akun bisnis hotel di mesin pencarian, Google.

“Saat hendak transaksi, harus yakin benar uang dikirimkan ke rekening resmi hotel. Yang pasti kalau nomor rekening atas nama pribadi atau perorangan, itu adalah penipuan,” kata Andreas dalam keterangan persnya, dikutip Minggu 18 Agustus 2024.

Ia meminta agar masyarakat lebih jeli memastikan setiap akun resmi hotel. Masyarakat juga bisa memanfaatkan layanan pemesanan hotel melalui agen perjalanan daring atau online travel agent (OTA) agar lebih aman.

Oleh karena itu, Andreas menekankan pentingnya langkah preventif dan komprehensif yang dilakukan Pemerintah untuk melindungi konsumen maupun industri perhotelan. Apalagi, modus penipuan ini membuat hotel kehilangan pelanggan karena informasi yang ditampilkan dalam Google Bisnis menjadi tidak akurat atau menyesatkan.

"Termasuk penegak hukum dan pihak terkait harus bisa segera mengungkap dan memberi sanksi tegas pelaku peretasan yang sudah merugikan hotel-hotel dan konsumen,” tegasnya.

Selain itu, ia mengimbau pelaku bisnis sektor perhotelan, untuk memiliki sistem keamanan yang kuat untuk melindungi data bisnis dan reputasi mereka. Mengingat peristiwa ini tidak hanya terjadi di Indonesia.

“Ini menjadi concern kita juga. Ada banyak cara yang dilakukan pelaku kejahatan dari celah-celah yang ada. Kita akan riveuw bersama dengan pihak-pihak terkait,” katanya menambahkan.

 sinpo