Hadiri Upacara HUT Ke-79 RI di IKN, Prabowo Kenakan Busana Adat Jawa

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 17 Agustus 2024 | 13:15 WIB
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto (SinPo.id/Youtube Setpres)
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto (SinPo.id/Youtube Setpres)

SinPo.id - Presiden terpilih Prabowo Subianto turut menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-78 Republik Indonesia yang berlangsung di halaman Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu, 17 Agustus 2024.

Dalam acara tersebut, Prabowo mengenakan busana adat Jawa. Prabowo mengenakan Beskap atau kemeja berwarna hitam lengkap dengan penutup kepala berbahan batik yang sering disebut Udeng.

Selain itu, baju yang dikenakan Prabowo dipadukan dengan kain bermotif batik dan celana panjang berearna hitam.

Dalam kesempatan itu, Prabowo hadir sebagai Menteri Pertahanan (Menhan). Prabowo terlihat duduk di barisan depan bersama Presiden Joko Widodo, di Panggung Kehormatan yang disiapkan khusus untuk para tamu penting.

Sebagai informasi, upacara penaikan dan penurunan bendera diselenggarakan secara serentak di dua kota, yaitu Jakarta dan Ibu Kota Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dengan waktu pelaksanaan mengikuti Waktu Indonesia Barat (WIB).

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara dan Presiden terpilih Prabowo Subianto hadir secara langsung di Nusantara. Sementara, Wapres Ma’ruf Amin beserta Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka mengikuti upacara dari Halaman Istana Merdeka, Jakarta. sinpo