PILGUB JAKARTA

Suswono Jadi Cawagub RK agar Elite dan Konstituen PKS Solid di KIM Plus

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 16 Agustus 2024 | 18:34 WIB
Bacagub Jakarta Ridwan Kamil (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)
Bacagub Jakarta Ridwan Kamil (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)

SinPo.id - Pengamat politik Citra institute Yusak Farchan menyebut, dipilihnya Suswono menjadi pendamping Ridwan Kamil (RK) di Pilkada Jakarta, bertujuan agar elite dan pemilih Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tetap solid di Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus. 

"Jika inisial 'S' yang dimaksud adalah Suswono, maka pilihan ini untuk mengunci elite dan konstituen PKS agar solid di KIM Plus," kata Yusak saat dihubungi, Jumat, 16 Agustus 2024.

Menurut Yusak, Suswono merupakan kader senior dan pendiri PKS yang memiliki rekam jejak yang panjang. Apalagi, mantan menteri pertanian di pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

"Suswono ini adalah kader senior PKS, juga, kalau saya tidak salah merupakan salah satu pendiri PKS, yang sebelumnya namanya Partai Keadilan," ungkap dia. 

"Beliau mantan Menteri Pertanian di Era SBY 2009-2014. Pengalaman dan track recordnya dibidang politik tidak bisa dipandang remeh, baik di legislatif maupun eksekutif," sambungnya. 

Lebih lanjut, Yusak menilai sosok Suswono ini posisinya hampir mirip Wakil Presiden Ma'ruf Amin ketika hendak dipasangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019 lalu. 

"Suswono dipasangkan RK hanya untuk mengunci elite dan konstituen PKS agar solid di KIM Plus," ujar Yusak. 

"Soal elektabilitas Suswono, pasti tidak jauh dari elektabilitas PKS di Pileg Jakarta sebagai pemenang Pileg," tandasnya. sinpo

Komentar: