Ketua DPR: Pembangunan Inklusif Harus Beri Ruang untuk Perempuan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 16 Agustus 2024 | 14:56 WIB
Menhan Prabowo Subianto, Presiden Joko Widodo, dan Ketua DPR RI Puan Maharani di Sidang Tahunan MPR RI 2024. (SinPo.id/Dok. DPR RI)
Menhan Prabowo Subianto, Presiden Joko Widodo, dan Ketua DPR RI Puan Maharani di Sidang Tahunan MPR RI 2024. (SinPo.id/Dok. DPR RI)

SinPo.id - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah memberikan ruang bagi perempuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan. Pelibatan kaum perempuan dalam memajukan bangsa dan negara merupakan wujud nyata dari pembangunan yang inklusif.

"Petani, nelayan, buruh, rakyat kecil, guru, pegawai negeri sipil (PNS), swasta, dan lain sebagainya, semua dapat berpartisipasi dan menikmati kesejahteraan, termasuk juga kaum perempuan," kata Puan dalam pidato pengantar Sidang Tahunan bersama MPR, DPR, dan DPD di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2024.

Dia mengatakan keikutsertaan perempuan dalam pembangunan bukanlah sebagai bentuk afirmatif semata. Melainkan sebagai bentuk kesadaran bersama bahwa peran laki-laki dan perempuan setara kedudukannya dalam membangun bangsa dan negara.

Menurut dia, perempuan dan laki-laki mempunyai hak yang sama untuk maju, sejahtera, berkarya, berprestasi, dan hak yang sama dalam pekerjaan serta jabatan-jabatan publik.

Oleh karena itu, dia mengajak kaum perempuan di Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam membangun Tanah Air.

"Ayo perempuan Indonesia, tunjukkanlah bahwa kaum hawa adalah perempuan-perempuan hebat!" ucapnya.

Sidang Tahunan 2024 digelar dengan tema 'Nusantara Baru, Indonesia Maju' yang terdiri atas Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, dan Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2024-2025.sinpo

Komentar: