DATA PELANGGAN PLN

PLN Pastikan Puluhan Juta Data Pelanggan Aman dan Terlindungi

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 15 Agustus 2024 | 21:36 WIB
Ilustrasi pemasangan listrik (SinPo.id/ Dok. PLN)
Ilustrasi pemasangan listrik (SinPo.id/ Dok. PLN)

SinPo.id - Direktur Retail dan Niaga PLN, Edi Srimulyanti, memastikan data milik lebih dari 90 juta pelanggan aman dan terlindungi, sesuai dengan amanat yang tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP).

”Sesuai dengan amanat Undang-Undang, kami berkomitmen untuk menjaga keamanan data pribadi pelanggan dan memastikan data yang digunakan untuk kepentingan pelayanan terbaik bagi pelanggan,” kata Edi dalam keterangan persnya. Kamis 15 Agustus 2024.

Pihaknya juga telah berhasil mengamankan pengelolaan data pelanggan lewat tranformasi digital yang dilakukan di seluruh lini bisnis perseroan, khususnya untuk pelayanan pelanggan.

Bahkan semua saluran layanan pelanggan termasuk Super Apps PLN Mobile yang saat ini telah diunduh lebih dari 75 juta downloader juga sudah dibekali teknologi canggih dengan pengamanan data yang terenkripsi.

Selain itu, PLN akan terus meningkatkan sistem pengamanan dalam pengelolaan data dan akan meminta persetujuan pemrosesan data pribadi kepada seluruh pelanggan secara bertahap sampai dengan tanggal 17 Oktober 2024.

Dengan melakukan persetujuan pemrosesan data, maka pelanggan PLN akan memperoleh berbagai manfaat. Adapun manfaat tersebut diantaranya keamanan data setiap bertransaksi, kemudahan proses verifikasi, peningkatan layanan, dan terhindar dari potensi penyalahgunaan data pribadi.

”Kami sangat mengharapkan kerja sama dari seluruh pelanggan agar dapat berpartisipasi sehingga seluruh data pribadi pelanggan dapat terlindungi,” tandasnya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI