INDONESIA LUMBUNG PANGAN DUNIA

Mentan Amran Dorong Pompanisasi hingga Ekstensifikasi Cetak Sawah

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Kamis, 15 Agustus 2024 | 17:58 WIB
Mentan Amran Sulaiman (Sinpo.id/ Dok. Kementan)
Mentan Amran Sulaiman (Sinpo.id/ Dok. Kementan)

SinPo.id - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mendorong tiga terobosan penting untuk Indonesia mencapai ketahanan pangan dan menjadi lumbung pangan dunia, yakni pompanisasi, optimalisasi lahan rawa dan ekstensifikasi atau cetak sawah.

Hal itu disampaikan Amran usai memimpin perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Tangerang, Banten pada Kamis, 15 Agustus 2024.

Amran menjelaskan, pompanisasi merupakan langkah pertama sekaligus tercepat untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Melalui program itu, masa panen dapat bertambah dari hanya satu kali menjadi tiga kali.

"Di Jawa itu kurang lebih ada 500-600 ribu hektar yang bisa kita tanam. Di luar Jawa, kita target juga 500-600 ribu hektar. (Dengan demikian) satu juta kita kejar bisa kita pompanisasi," imbuhnya.

"Yang kedua kita opla, optimalisasi lahan rawa yang ada sekarang yaitu lahan-lahan rawa bisa dua sampai tiga kali (panen)," tambahnya.

Terakhir, ia akan melakukan ekstensifikasi atau mencetak sawah baru. Rencana ini mencakup penambahan tiga juta hektar sawah, dengan target satu juta hektar setiap tahunnya yang dimulai pada 2025.

"Kalau ini semua kita lakukan, pompanisasi, opla, cetak sawah, yang di support dengan bibit unggul, kemudian alat mesin pertanian, kami yakin Indonesia akan menjadi lumbung pangan dunia," tegasnya.sinpo

Komentar: