Wujudkan Swasembada Gula Nasional, ID FOOD Dorong Kemitraan dengan Tebu Rakyat

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 15 Agustus 2024 | 09:59 WIB
Direktur Utama ID FOOD Sis Apik Wijayanto. (SinPo.id/Dok. Pribadi)
Direktur Utama ID FOOD Sis Apik Wijayanto. (SinPo.id/Dok. Pribadi)

SinPo.id - Direktur Utama ID FOOD Sis Apik Wijayanto, mengatakan pihaknya terus mendorong penguatan kemitraan dengan tebu rakyat, untuk mewujudkan swasembada gula nasional, agar ketersediaan pasokan bahan baku tebu terjamin.

Menurutnya, hal tersebut dapat terwujud apabila masyarakat atau para petani memiliki minat yang tinggi menanam tebu, dan hal itu menjadi bagian dari program prioritas ID FOOD.

"Untuk itu, Pabrik Gula (PG) ID FOOD Group terus gencar meningkatkan program kemitraan tebu bersama para petani tebu rakyat di sekitar wilayah PG,” kata Sis Apik, dalam keterangan persnya, dikutip Kamis 15 Agustus 2024.

Ia menjelaskan, kemitraan yang dijalankan bersifat menguntungkan dengan mengedepankan fairness dan transparansi bagi hasil, dan jumlah kemitraan petani tebu bahkan menjadi salah satu indikator kinerja yang harus dipenuhi.

“Pelaksanaan tata kelola kemitraan yang adil dan trasparan menjadi komitmen ID FOOD, sehingga terbukti dapat meningkatkan kepercayaan dan mendorong tumbuhnya angka kemitraan petani tebu yang dijalankan pabrik gula ID FOOD Group,” jelasnya.

Diketahui, sampai dengan Semester I tahun ini, ID FOOD telah memiliki jumlah mitra petani tebu sebanyak 25 ribu petani. Jumlah tersebut telah memenuhi 93 persen target kemitraan tahun ini, yaitu 26 ribu petani tebu.

Sedangkan pada tahun 2023, PT PG Rajawali I, anak perusahaan ID FOOD di sektor gula yang berlokasi di Jawa Timur, telah berhasil meningkatkan angka kemitraan petani tebu melalui stimulus penerapan Sistem Resi Gusang (RSG) dan fasilitasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan kredit mikro melalui kolaborasi dengan perbankan.

“Pola ini menghasilkan kemitraan sebanyak 19 ribu petani tebu, dengan jumlah pasokan tebu sebanyak 75 persen dari total tebu digiling. PT PG Rajawali I juga telah melakukan offtake gula petani sebanyak 50,6 ribu ton gula,” tandasnya.sinpo

Komentar: