Presiden Turki Janji Terus Dukung Perjuangan Palestina

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 15 Agustus 2024 | 08:45 WIB
Presiden Turki Tayyip Erdogan menemui Presiden Palestina Mahmoud Abbas. (SinPo.id/Turkish Presidency)
Presiden Turki Tayyip Erdogan menemui Presiden Palestina Mahmoud Abbas. (SinPo.id/Turkish Presidency)

SinPo.id - Presiden Turki Tayyip Erdogan mengatakan kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas akan terus mendukung perjuangan Palestina dan mendorong masyarakat internasional untuk meningkatkan tekanan terhadap Israel.

"Kedua pemimpin membahas perkembangan terkini dan langkah-langkah yang akan diambil untuk gencatan senjata dan perdamaian yang langgeng di Gaza," kata kantor Presiden Erdogan, melalui keterangan pers sebagaimana dilansir dari Reuters pada Kamis, 15 Agustus 2024.

Erdogan juga mengutuk kekejaman Israel dan menuduh negara-negara barat hanya diam sambil terus mendukung Israel. Menurutnya, semua negara di dunia harus meningkatkan upaya untuk memastikan gencatan senjata segera di Gaza dan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Palestina.

Undangan Turki kepada Abbas dikirim setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berpidato di hadapan Kongres Amerika Serikat (AS) pada tanggal 25 Juli lalu, yang dikecam Ankara. Sehingga Abbas juga akan berpidato pada sesi luar biasa parlemen Turki hari ini.

"Kami akan menunjukkan bahwa Tuan Abbas memiliki hak untuk berbicara di parlemen kami sebagaimana Netanyahu memiliki hak untuk berbicara di Kongres AS," kata Erdogan.

Selain itu, Erdogan, yang telah menjadi pendukung setia Hamas, mengatakan Turki sebelumnya juga telah berencana untuk mengundang pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh, yang dibunuh di Teheran.

Diketahui, Turki telah mengecam perang Israel di Gaza dan telah menghentikan semua perdagangan dengan Israel. Turki bahkan mengajukan permintaan untuk bergabung dengan Afrika Selatan di Mahkamah Internasional yang menuntut hukuman bagi Israel yang telah melakukan genosida.sinpo

Komentar: