BNPB Imbau Potensi Banjir di Sorong

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 15 Agustus 2024 | 00:02 WIB
Banjir di Sorong
Banjir di Sorong

SinPo.id -  Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengimbau
BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk tetap waspada di saat masih terjadi banjir agar berhati-hati adanya lubang ataupun saluran air yang tertutup banjir dan pastikan tidak ada aliran listrik yang tergenang air.

Pada Selasa 13 Agustus 2024,  banjir melanda Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya. Peristiwa itu terjadi sejak pukul 14.35 WIT setelah hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut dalam durasi yang panjang.

"Merujuk pendataan yang berhasil dihimpun hingga Selasa malam, banjir berdampak pada sekitar 2.000 kepala keluarga yang berada di 20 distrik. Keajadian ini sebabkan 2.000 rumah terdampak," kata dia dalam keterangannya Rabu 14 Agustus 2024.

Sejumlah infrastruktur dilaporkan turut terendam banjir dengan ketinggian kurang lebih 80 sentimeter, antara lain tiga unit mobil, area persawahan dan perkebunan, serta satu jembatan di Distrik Makbon terputus. Sementara itu wilayah Distrik Segun, Seget, Makbon dan Sayosa Timur tidak dapat dilalui kendaraan.

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sorong dan intansi terkait lainnya langsung menuju lokasi terdampak untuk melakukan pendataan dan bersiaga untuk lakukan penanganan lebih lanjut," tambahnya.

sinpo

Komentar: