BPBD: 3.322 Jiwa Terdampak Kebakaran di Manggarai

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 14 Agustus 2024 | 00:21 WIB
Kebakaran di Manggarai, Jaksel (Dok Humas Jakfire)
Kebakaran di Manggarai, Jaksel (Dok Humas Jakfire)

SinPo.id -  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta mencatat 3.332 jiwa terdampak akibat peristiwa kebakaran di Jl Dr. Saharjo, Manggarai, Jakarta Selatan pada Selasa 13 Agustus 2024.
Objek terdampak dalam peristiwa ini adalah rumah tinggal dengan total keseluruhan jumlah terdampak sebanyak 1.172 KK/3.332 jiwa yang melanda 21 RT yang ada di 2 RW.

"Kebakaran diduga terjadi karena adanya korsleting listrik yang menyambar ke kasur di salah satu rumah warga yang merambat dengan cepat ke kawasan sekitarnya," ," bunyi keterangan Pusdatin Kebencanaan BPBD Jakarta, Selasa 13 Agustus 2024.

Peristiwa itu terjadi pada Selasa dini hari tadi sekitar pukul 02.33 WIB. Kebakaran bisa dipadamkan seluruhnya pada pukul 18.40 WIB.
BPBD Jakarta mencatat ada tujuh korban luka akibat kebakaran di lokasi. Para korban ada yang menderita luka bakar di bagian tubuh dan luka ringan. Tujuh korban itu kini telah mendapatkan perawatan dari tim medis.

Saat ini tenda pengungsian bagi para warga terdampak juga telah didirikan. Lokasi tenda pengungsian itu berada di lahan parkir Pasar Raya Manggarai dan Stasiun Bandara, Manggarai, Jakarta Selatan. Selain tenda pengungsian dan bantuan fisik lainnya, BPBD Jakarta juga akan menurunkan tim untuk memberikan pendampingan psikologis kepada para korban, khususnya kelompok ibu dan anak-anak.

"Dalam waktu dekat, BPBD DKI akan melakukan asesmen dan pendataan pascakebakaran dengan menerjunkan tim JITUPASNA (Pengkajian Kebutuhan Pascabencana) dan tim LDP (Layanan Dukungan Psikososial) untuk pendampingan kondisi psikologis para penyintas khususnya para ibu dan anak-anak di lokasi kejadian," katanya.sinpo

Komentar: