Lima Negara Barat Minta Iran untuk Tak Lancarkan Serangan Balasan ke Israel

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 13 Agustus 2024 | 07:39 WIB
Sumber: AP
Sumber: AP

SinPo.id -  Lima negara Barat telah meminta Iran dan sekutunya untuk menahan diri melancarkan serangan terhadap Israel, sebagai bentuk pembalasan atas tewasnya anggota senior Hamas dan Hizbullah baru-baru ini.

Para pemimpin Amerika Serikat (AS), Inggris, Prancis, Jerman, dan Italia mengeluarkan pernyataan bersama yang menyatakan dukungan mereka untuk meredakan ketegangan di Timur Tengah dan menyerukan gencatan senjata dalam perang di Gaza.

"Kami meminta Iran untuk menghentikan ancaman serangan militer yang sedang berlangsung terhadap Israel dan membahas konsekuensi serius bagi keamanan regional jika serangan semacam itu terjadi," kata pernyataan itu. Dilansir dari Al Jazeera, Selasa 13 Agustus 2024.

Selain itu, negara-negara Barat juga mendukung AS, Qatar, dan Mesir untuk menjadi perantara perjanjian gencatan senjata antara Hamas dan Israel guna mengakhiri perang yang telah berlangsung selama 10 bulan.

Pasalnya kekhawatiran akan konflik yang meluas meningkat setelah pembunuhan kepala politik Hamas Ismail Haniyeh di Teheran, dan pembunuhan Fuad Shukr, seorang komandan tinggi dari kelompok Lebanon Hizbullah, di Beirut.

Terlebih analis mengatakan, pembunuhan Haniyeh dan Shukr dapat memengaruhi prospek kesepakatan gencatan senjata untuk mengakhiri perang di Gaza. Sementara Iran dan Hizbullah menyatakan bahwa mereka tidak menginginkan perang besar-besaran tetapi tetap siap jika perang itu terjadi.sinpo

Komentar: