Setuju Suswono jadi Cawagub Ridwan Kamil, Demokrat: Beliau Mentan Era SBY

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 12 Agustus 2024 | 12:36 WIB
Ketua Majelis Pertimbangan Pusat PKS Suswono (SinPo.id/PKS)
Ketua Majelis Pertimbangan Pusat PKS Suswono (SinPo.id/PKS)

SinPo.id - Partai Demokrat tak keberatan jika Ketua Majelis Pertimbangan Pusat PKS Suswono jadi salah satu kandidat calon wakil gubernur (cawagub) Ridwan Kamil (Kang Emil) pada Pilkada Jakarta 2024. Suswono bahkan disebut bukan sosok yang asing bagi Demokrat.

"Pak Suswono bukan figur yang asing bagi Partai Demokrat, beliau pernah mengemban tugas sebagai Menteri Pertanian di periode kedua Pemerintahan Pak SBY, (Susilo Bambang Yudhoyono). Tidak ada resistensi atau masalah dengan Partai Demokrat," kata Deputi Bappilu Partai Demokrat Kamhar Lakumani kepada wartawan, Jakarta, Senin, 12 Agustus 2024.

Kamhar menekankan posisi Partai Demokrat linear dengan keputusan KIM. Namun, dia memastikan partainya akan terus mengikuti dinamika Pilgub Jakarta, termasuk bergabungnya sejumlah partai politik (parpol) ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) atau KIM Plus.

"Untuk Pilgub Jakarta kita terus mengikuti proses dan dinamika politik yang berkembang. Kami konsisten untuk linear dengan keputusan KIM, termasuk yang dalam perjalanannya kemudian berkembang dan semakin luas kerjasama politik yang terbangun pada Pilgub Jakarta menjadi KIM Plus. Kami rasional dan realistis untuk menerima jika kemudian wakil Kang Emil berasal dari partai pemenang pemilu di Jakarta yang baru bergabung menjadi KIM Plus," kata Kamhar.

Meski tak mempersoalkan sosok Suswono, Kamhar mengatakan Demokrat tetap akan menunggu keputusan Majelis Tinggi Partai Demokrat terkait Pilgub Jakarta.

"Jadi pada prinsipnya secara subtantif kami menerima apapun keputusan KIM yang kemudian menjadi KIM Plus pada Pilgub Jakarta. Namun, karena secara konstitusi kepartaian Pilgub menjadi ranah Majelis Tinggi Partai, jadi selanjutnya menunggu keputusan MTP," ujarnya.

Sebelumnya, figur bakal cawagub Kang Emil di Pilgub Jakarta disebut-sebut tokoh berinisial 'S' dari PKS. Belakangan, tokoh 'S' itu mengarah kepada Suswono yang kini menjabat Ketua Majelis Pertimbangan Pusat PKS.sinpo

Komentar: