JITEX 2024 Capai Target Transaksi dan Investasi Rp 12,86 Triliun

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 12 Agustus 2024 | 01:27 WIB
JITEX
JITEX

SinPo.id - Ajang pameran internasional Jakarta International Investment, Trade, Tourism, Small and Medium Enterprise Expo (JITEX) 2024 resmi ditutup. Acara yang berlangsung sejak Rabu 7 Agustus hingga Minggu 11 Agustus tersebut, berhasil mencapai target transaksi dan investasi sebesar Rp 12,86 triliun.

Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Sri Haryati didampingi oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta Elisabeth, Ratu Rante Allo mengatakan, acara ini dapat terselenggara dengan baik berkat sinergi dengan berbagai pihak, seperti Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), Kementerian dan Lembaga, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Malaysia, KBRI Manila, buyer dan investor, serta para stakeholder lainnya.

"Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih atas sinergi dari seluruh pihak dalam mendukung suksesnya rangkaian  penyelenggaraan JITEX 2024. Berkat kerja sama yang luar biasa ini, kita berhasil mewujudkan total potensial nilai transaksi dan investasi aktivitas B2B (Business to Business) sebesar Rp 12,86 triliun. Harapannya, hal ini dapat menciptakan interaksi bisnis yang lebih baik lagi ke depannya," ujar Sri Haryati, di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu 11 Agustus 2024.

Sri mengatakan, peran dari para stakeholder telah berhasil menghadirkan buyers yang luar biasa dan menghasilkan kerja sama bisnis dengan para exhibitor terpilih. Ia menegaskan, Pemprov DKI Jakarta terus berkomitmen untuk berkompetisi menjadi salah satu competitive global city melalui penyelenggaraan Meetings, Incentives, Conventions, and Exhibitions (MICE) berskala internasional, yang akan memberikan dampak simultan kepada berbagai aspek pembangunan ekonomi Jakarta pada kemudian hari.

Pada JITEX 2024, terdapat 335 tenant produk UMKM asli Jakarta yang dihadirkan. Selain itu, B2C (Business to Consumer) berhasil meraup nilai transaksi sebesar Rp 1.540.501.783. Adapun jumlah pengunjung sejak hari pertama mencapai 11.310 orang, serta jumlah buyer dan investor terdiri dari 258 orang berasal dari 10 negara yaitu Indonesia, India, Malaysia, Laos, Polandia, Hongkong, Filipina, Tiongkok, Australia, dan Selandia Baru.

"Kami berharap bahwa, pada kesempatan mendatang dapat menyajikan lebih banyak exhibitor, buyers, asosiasi, serta integrasi program investasi, perdagangan, kepariwisataan dan pemberdayaan UMKM yang lebih konklusif, masif, dan inovatif. Saya juga berharap, bahwa seluruh pihak yang telah terlibat pada JITEX 2024 dapat kembali menjadi bagian dari terselenggaranya agenda acara berikutnya," tandas Sri, dalam Siaran Pers Pemprov DKI Jakarta.

 sinpo

Komentar: