Mesir Perintahkan Seluruh Maskapai Penerbangan Hindari Wilayah Udara Iran

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 08 Agustus 2024 | 12:17 WIB
Peta lokasi Iran. (SinPo.id/AP)
Peta lokasi Iran. (SinPo.id/AP)

SinPo.id - Kementerian Penerbangan Sipil Mesir mengungkapkan pihaknya telah memerintahkan seluruh maskapai penerbangan untuk menghindari wilayah udara Iran selama tiga jam pada hari Kamis pagi ini.

Pasalnya, Iran telah mengumumkan pemberitahuan bahwa mereka akan melakukan latihan militer.

"Peringatan tersebut datang dalam sebuah pesan yang dikirim oleh Iran kepada semua maskapai penerbangan komersial," kata Kementerian Penerbangan Sipil Mesir, dilansir dari The Independent pada Kamis 8 Agustus 2024.

Adapun latihan militer tersebut dilakukan setelah adanya serangan rudal di Teheran yang menewaskan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, dan serangan tersebut telah meningkatkan ketegangan di wilayah Iran.

Namun, Presiden baru Iran Masoud Pezeshkian, telah meminta Pemimpin Tertinggi Iran, Ali Khamenei untuk tidak menyerang Israel untuk menghindari meningkatnya ketegangan menjadi perang yang tidak diinginkan.

Padahal sebelumnya, Iran telah mengancam akan meluncurkan serangan rudal langsung terhadap Israel sebagai balas dendam atas pembunuhan Haniyeh, tetapi beberapa pejabat tampaknya ragu-ragu.sinpo

Komentar: