BANSOS DISABILITAS

Heru Bantah 90 Persen Penyandang Disabilitas di Jakarta Belum Dapat Bansos

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 07 Agustus 2024 | 18:18 WIB
Ilustrasi penyandang disabilitas (SinPo.id/ Pixabay)
Ilustrasi penyandang disabilitas (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id -  Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI membantah ihwal informasi dari Koalisi Nasional Kelompok Kerja (Pokja) Disabilitas soal ada sebanyak 4.723 orang atau 90 persen penyandang disabilitas di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, tidak pernah menerima bansos dari pemerintah.

Bantahan tersebut disampaikan oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI  kepada awak media di Jakarta, Rabu, 7 Agustus 2024.

"Penyandang disabilitas di Jakarta itu ada 2.995 orang. Dari angka itu, 1.109 merupakan penerima bansos. Sedangkan yang lainnya sedang kita data. Jadi tidak benar 90 persen itu," ujar dia. 

Heru Budi mengatakan, dari ribuan jumlah penyandang disabilitas di Jakarta terdapat warga yang berpindah penduduk dan pembinaan antarkota.

"Pemprov DKI Jakarta akan terus mendata para penyandang disabilitas dan melakukan verifikasi. Tujuannya agar bantuan sosial yang dikucurkan dapat tepat sasaran," ungkap Heru Budi. 

Lebih jauh, Heru Budi berharap bantuan yang diberikan dapat mengcover seluruh penyandang disabilitas yang ada di DKI Jakarta.

Sebagai informasi, bansos yang diterima oleh sekitar 10 persen penyandang disabilitas terdiri dari alat bantu kacamata, kaki palsu, tangan palsu, kursi roda, sepatu khusus, alat peraga, alat bantu dengar, juru bahasa isyarat, komputer bicara dan lainnya.sinpo

Komentar: