AHY Apresiasi Kolaborasi Kantor Pertanahan dengan Pemerintah Kota

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 06 Agustus 2024 | 20:48 WIB
Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (SinPo.id/ATR/BPN)
Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (SinPo.id/ATR/BPN)

SinPo.id - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan secara simbolis 12 Sertifikat Tanah Elektronik di Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Selasa, 6 Agustus 2024.

AHY menyebut kesuksesan layanan pertanahan merupakan hasil kerja sama dan kolaborasi yang baik antara Kantah dan Pemerintah Kota Bekasi. 

“Kalau antar jajaran pemerintahan pusat maupun daerah termasuk secara horizontal hubungannya baik, solid, saling melengkapi, sinergis, serta kolaboratif, saya rasa pelayanan publik dalam bentuk apapun termasuk dalam bidang pertanahan insyaallah bisa kita lakukan dengan baik. Sesuai dengan moto Kementerian ATR/BPN ‘Melayani, Profesional dan Tepercaya’ bagi masyarakat yang ada di sekitar kita,” kata AhY dalam keterangan resminya, Selasa, 6 Agustus 2024.

Adapun 12 Sertifikat Tanah Elektronik yang diserahkan hari ini terdiri dari enam sertifikat hasil program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Sertifikat Hak Pakai untuk Pemerintah Kota Bekasi dan Badan Kepegawaian Negara, satu sertifikat tanah wakaf untuk musala, satu sertifikat rumah ibadah untuk gereja, serta dua Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) untuk PT Kereta Api Indonesia dan PT PLN.

AHY menuturkan Sertifikat Tanah Elektronik memiliki banyak manfaat, sehingga sangat penting untuk segera dimasifkan. 

“Dengan Sertifikat Tanah Elektronik menjadi lebih mudah karena setiap saat bisa dicek di handphone kita. Kemudian, sekarang satu lembar ada barcodenya, bisa discan langsung muncul semuanya. Masuk ke database jadi tidak bisa sembarangan diduplikasi dan dipalsukan,” ungkap dia. 

Sementara, Pj Wali Kota Bekasi, Raden Gani Muhammad mengapresiasi Kementerian ATR/BPN yang telah memudahkan proses sertipikasi tanah aset Pemerintah Kota Bekasi. Ia merasakan sinergi dan kolaborasi yang dibangun jajaran Kantah Kota Bekasi sangat kuat dan tidak ada hambatan.

“Kami senantiasa bersinergi dengan Kepala Kantah, di mana dalam pengurusan aset ini berjalan baik, bersinergi tanpa hambatan. Ini apresiasi kami kepada jajaran Kantah yang telah memberikan layanan terbaik bagi kami masyarakat Kota Bekasi. Insyaallah dengan sinergi yang kita bangun, target-target bisa kita selesaikan bersama,” ungkap Raden. 

Sedangkan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Jawa Barat, Yuniar Hikmat Ginanjar melaporkan capaian program PTSL sudah sebanyak 2.044 dari target 6.000 bidang tanah. Seluruh Kantah di Provinsi Jawa Barat pun telah melaksanakan layanan pertanahan secara elektronik.

“Seluruh Kantah di Jawa Barat sudah sesuai komitmen kami semua, satuan kerja sudah melaksanakan pelayanan secara elektronik sesuai harapan Bapak Menteri. Dalam rangka menjaga integritas, maka kami luncurkan pelayanan elektronik tersebut,” pungkas Kepala Kanwil BPN Provinsi Jawa Barat.sinpo

Komentar: