Gerindra Ungkap Pendamping Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta Setelah KIM Plus Terbentuk

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 06 Agustus 2024 | 16:41 WIB
Ketua Harian DPP Gerindra Dasco (SinPo.id/Ashar)
Ketua Harian DPP Gerindra Dasco (SinPo.id/Ashar)

SinPo.id - Ketua Harian Gerindra Dasco mengamini peluang munculnya nama bakal calon wakil gubernur (cawagub) pendamping Ridwan Kamil pada Pilkada Jakarta 2024 setelah Koalisi Indonesia Maju (KIM) resmi menjadi KIM Plus. Partai politik (parpol) yang baru merapat ke KIM Plus punya kesempatan sama mengusung cawagub.

"Saya kan kemarin ngomong ada KIM Plus. Tentunya, kalau ada KIM Plus yang bareng di Pilkada DKI, tentunya kemungkinan-kemungkinan untuk mendapatkan wakil dari partai koalisi yang sekarang, KIM Plus itu tentunya ada," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 6 Agustus 2024.

Dasco meminta semua pihak bersabar menunggu proses penentuan bakal cawagub di internal KIM Plus. Dia memastikan nama itu akan diumumkan ke publik dalam waktu dekat.

"Nah, siapa yang kemudian nanti akan dipilih untuk mendampingi RK, kita tunggu saja ya, mungkin waktunya tidak terlalu lama sudah bisa disampaikan ke publik. Ya sehari dua hari (akan diumumkan)," ujar dia.

Dasco mengaku belum bisa memunculkan nama-nama yang berpotensi menjadi cawagub ke publik. Dia mengatakan KIM masih terus melakukan pendalaman terkait sosok yang layak menjadi cawagub.

"Ya, ini belum bisa diumumkan ke publik, ini kan sedang dilakukan pendalaman terhadap nama-nama cawagub yang masuk," kata Dasco.

Di sisi lain, Dasco mengatakan pihaknya tak hanya fokus melakukan komunikasi dengan satu parpol di luar KIM. Komunikasi terus dilakukan dengan semua parpol di luar KIM.

"Saya enggak ngomong ke PKS saja, kan kita komunikasi dengan partai-partai politik, seperti NasDem, seperti PKB, kita juga ada komunikasi sama PPP, ada juga komunikasi dengan Perindo. Semua kita komunikasi," tegas Dasco.

KIM sejauh ini beranggotakan Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PBB, Gelora, Garuda, Prima, dan PSI. Koalisi ini mengusung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024.sinpo

Komentar: