BUNG KARNO MILIK INDONESIA

Menag: Bung Karno Milik Bangsa Indonesia, Bukan Satu Partai

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 03 Agustus 2024 | 15:18 WIB
Menag Yaqut Cholil Quomas saat rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI (SinPo.id/ Ashar)
Menag Yaqut Cholil Quomas saat rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyebut Soekarno (Bung Karno) merupakan milik seluruh bangsa Indonesia. Bung Karno tidak bisa diklaim oleh satu partai politik (parpol) saja.

Ini disampaikan Yaqut dalam acara dialog kebangsaan dan rapat kerja nasional Gekira di Jakarta. Dia menyatakan Indonesia tidak pernah terpecah karena adanya Pancasila.

"Bung Karno juga mengatakan dengan sangat rendah hati, beliau mengatakan, 'Aku tidak mengatakan bahwa aku yang menciptakan Pancasila, apa yang kukerjakan hanyalah menggali jauh ke dalam bumi, ke dalam tradisi-tradisi kami sekali, kami sendiri kemudian menemukan lima butir mutiara yang indah'," kata Yaqut dalam keterangannya, Jakarta, Sabtu, 4 Agustus 2024.

Yaqut menegaskan Pancasila mampu mempertahankan Indonesia hingga saat ini. Sehingga, kata dia, Bung Karno sebagai salah satu tokoh yang melahirkan Pancasila tidak dapat diklaim oleh satu pihak saja.

"Bung Karno tidak boleh diklaim oleh satu golongan saja. Bung Karno tidak boleh diklaim oleh satu partai saja, tidak boleh. Bung Karno milik seluruh bangsa ini, Bung Karno memiliki semua partai," ujarnya.

Yaqut menilai yang disampaikan oleh Ketum Gerindra Prabowo Subianto mengenai Bung Karno tepat. Prabowo menyampaikan Bung Karno juga milik Gerindra.

"Ya karena memang Bung Karno itu bukan hanya milik satu partai, bukan hanya milik Gerindra, bukan hanya milik partai lain, tetapi juga milik bangsa Indonesia," ucapnya.

Yaqut menyampaikan Indonesia didirikan dengan penuh keragaman. Dia mengatakan kemerdekaan Indonesia merupakan perjuangan semua pihak.

"Tidak boleh ada satu golongan pun, tidak boleh ada satu ras pun, bahkan tidak boleh ada satu agama pun yang boleh mengklaim bahwa Indonesia ini hanya milik mereka sendiri. Indonesia ini dimerdekakan oleh semua golongan. Indonesia ini dimerdekakan oleh semua agama," kata dia.sinpo

Komentar: