PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA

Menkeu Yakin Ekonomi Indonesia Tumbuh 5 Persen di 2024

Laporan: Tio Pirnando
Jumat, 02 Agustus 2024 | 17:32 WIB
Menkeu Sri Mulyani (SinPo.id)
Menkeu Sri Mulyani (SinPo.id)

SinPo.id - Menteri Keuangan (Menkeu)  Sri Mulyani Indrawati memperkirakan,   ekonomi Indonesia pada kuartal II- 2024 akan tumbuh mencapai 5 persen secara tahunan (year-on-year/yoy). Proyeksi ini didasari terjaganya konsumsi masyarakat, serta meningkatnya investasi dan aktivitas ekspor. 

"Kami memperkirakan untuk triwulan II, berarti antara April, Mei, dan Juni yang sudah selesai, akan tumbuh di 5,0 persen atau bahkan sedikit di atas 5 persen year on year," kata Menkeu dalam konferensi pers virtual, Jumat, 2 Agustus 2024. 

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini melanjutkan, kinerja ekspor yang akan meningkat pada kuartal II/2024, terutama ekspor manufaktur dan pertambangan, baik ke India maupun China.

"Kita diuntungkan karena India memiliki pertumbuhan ekonomi yang sehat dan relatif tinggi," ucapnya.

Selain itu, aktivitas ekonomi domestik diperkirakan terus mengalami peningkatan hingga akhir 2024.

Dari sisi fiskal APBN 2024, belanja pemerintah akan terus difokuskan untuk mengendalikan stabilitas harga demi menjaga daya beli masyarakat dan konsumsi domestik. Sebab ini menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi nasional. 

"Kami juga akan terus menjalankan program perlindungan sosial, terutama bagi masyarakat rentan, sehingga dampaknya terhadap daya beli dan konsumsi masyarakat dapat terjaga," tuturnya. 

Berikutnya, pada kuartal IV-2024, tepatnya November 2024, akan digelar  Pilkada Serentak. Kegiatan ini diharapkan berdampak positif atau dapat mendorong peningkatakan belanja dan konsumsi masyarakat. 

Sri Mulyani menambahkan, kegiatan investasi hingga akhir 2024 juga diperkirakan menguat sejalan dengan penyelesaian berbagai proyek-proyek nasional.sinpo

Komentar: