Pemprov DKI Bakal Tata Kawasan Monas Ikuti Pola Kota Dunia

Laporan: Tio Pirnando
Jumat, 02 Agustus 2024 | 15:22 WIB
Ilustrasi kawasan Monas. (SinPo.id/Ashar)
Ilustrasi kawasan Monas. (SinPo.id/Ashar)

SinPo.id - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, agenda pertemuannya dengan Menteri BUMN Erick Thohir, Kamis kemarin, membahas rencana penataan tata ruang Jakarta dan renovasi Monumen Nasional (Monas). 

Dalam pertamuan itu, Heru didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta Benni Aguscandra dan Bappeda DKI. 

"Kami mensinkronkan rencana tata ruang dalam sebuah konsep menata Jakarta ke depannya. Yang diutamakan adalah area Monas dan sekitarnya," kata Heru kepada wartawan, Jumat, 2 Agustus 2024. 

Heru memastikan, ke depan, kawasan Monas dan sekitarnya akan terlihat lebih moderen mengikuti standar kota-kota besar dunia. 

"Istana, Monas, Gambir, Balai Kota, itu kita tata supaya ke depannya bisa mengikuti pola kota-kota dunia. Jakarta tidak boleh ketinggalan," ucapnya.

Untuk penataan tersebut, Pemprov akan berkonsultasi dengan sejumlah kementerian, seperti Kementerian BUMN dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). 

"Saya akan konsultasikan ke Kementerian BUMN. Nanti setelah itu, kami tentunya akan koordinasi dengan Menteri keuangan, dan seterusnya," kata dia.

Salah satu konsep yang akan dibahas terkait pemanfaatan sejumlah gedung-gedung kementerian yang berada sekitar kawasan Monas untuk kegiatan komersial. 

"Komersialnya apa? Itu yang perlu kita diskusikan ke depan. Kantor Pertamina depan Istiqlal itu menjadi apa konsepnya, nah ini sedang kita bincang-bincang dengan Pak Menteri BUMN," kata Heru.sinpo

Komentar: