Bawaslu: Peran Panwascam Sangat Strategis pada Pilkada Serentak 2024

Laporan: Sigit Nuryadin
Kamis, 01 Agustus 2024 | 20:21 WIB
Anggota Bawaslu RI, Herwyn JH Malonda. (SinPo.id/Dok. Bawaslu)
Anggota Bawaslu RI, Herwyn JH Malonda. (SinPo.id/Dok. Bawaslu)

SinPo.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menyebut peran Pengawas Kecamatan (Panwascam) sangat strategis di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Anggota Bawaslu RI Herwyn JH Malonda mengatakan, hal ini disebabkan para panwascam akan berhadapan langsung dengan pimpinan partai politik, tim sukses, paslon, dan bahkan berhadapan dengan para jawara.

"Kenapa kita (Panwascam) harus ada, karena untuk memastikan keadilan pemilu sesuai tagline pemilu kita. Bukan pekerjaan mudah memang, dalam upaya mencegah dan menindak pelaku kecurangan dan pelanggaran dalam pemilihan,” kata Herwyn dalam keterangannya, Kamis, 1 Agustus 2024.

Herwyn menuturkan, sebagai pengawas pasti akan berhadapan dengan pelaku kecurangan untuk memperebutkan atau mempertahankan kekuasaan eksekutif. 

Bagaimana pengalaman pemilu lalu, kata dia, menghadapi tantangan dan strategi kepengawasan juga dapat diterapkan di pemilihan ke depan, walaupun persoalan klasik masih berjalan seperti permasalahan perlindungan data pribadi.

“Persoalan akses data atas alasan perlindungan data pribadi masih jadi persoalan kita bersama dengan KPU, serta persoalan politik uang dan politisasi program dan birokrasi, menjadi tantangan pengawasan kita,” kata dia.

Pria kelahiran Minahasa itu pun mengingatkan, salah satu tantangan bagi Bawaslu ialah masyarakat mengawasi kinerja pihaknya. 

“Kita ibarat ikan di aquarium, yang dilihat dan dinilai banyak orang, apakah kita sudah bekerja dengan baik atau belum,” ungkapnya.

Lebih jauh, Herwyn berpesan, agar panwascam dapat menyatukan persepsi sesama pengawas pemilu atau dengan sekretariat serta mengutamakan tujuan organisasi dari pada kepentingan pribadi.

“Beda pendapat itu bagian dari proses pengambilan keputusan,“ tandasnya.sinpo

Komentar: