Istana Ajak Masyarakat Mulai Kibarkan Bendera Merah Putih-Percantik Bangunan

Laporan: Tio Pirnando
Kamis, 01 Agustus 2024 | 15:51 WIB
Mensesneg Pratikno. (SinPo.id/Setpres)
Mensesneg Pratikno. (SinPo.id/Setpres)

SinPo.id - Pemerintah mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mengibarkan Bendera Merah Putih, termasuk mempercantik bangunan dan jalanan dengan ornamen bernuansa 17 Agustus. Hal ini dalam rangka menyambut HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024. 

"Mohon, mulai hari ini dan saya lihat sudah mulai kita semua mengibarkan Bendera Merah Putih selama 1 bulan penuh, hingga tanggal 31 Agustus nanti. Dan juga, jangan lupa mempercantik bangunan, jalan-jalan, lingkungan dengan ornamen hari Republik Indonesia," kata Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dalam konferensi pers, Kamis, 1 Agustus 2024. 

Pratikno menyampaikan, seluruh contoh logo dan ornamen terkait HUT RI dapat masyarakat ambil dari situs dan akun media sosial Sekretariat Negara. 

Menurutnya, pemerintah mulai melakukan rangkaian kegiatan HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia dengan tema "Nusantara Baru Indonesia Maju" yang dirilis pada 24 Juni lalu.

Tema ini dipilih sekaligus untuk menunjukkan transisi perpindahan ibu kota.

"Ini sekaligus menunjukkan transisi perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara. Dan sekaligus juga ini adalah transisi untuk keberlanjutan pemerintahan, ke pemerintahan yang baru nanti," ucapnya.

Untuk itu, Ia mengajak seluruh masyaraka maupun semua pihak bisa menggelar berbagai macam kegiatan positif. Hal ini demi mengenang perjuangan para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan dari para penjajah.

"Mari kita meriahkan bulan kemerdekaan ini kami mengajak bapak/ibu masyarakat Indonesia di seluruh wilayah Indonesia, bapak/ibu pimpinan organisasi pemerintahan, organisasi sosial keagamaan dan juga para pelaku swasta serta juga KBRI dan perwakilan kantor perwakilan Indonesia di luar negeri untuk memeriahkan bulan kemerdekaan ini dengan berbagai kegiatan yang positif dan menggembirakan," ucapnya. 

Untuk rangkaian bulan kemerdekaan Agustus 2024 akan dibuka dengan pelaksanaan zikir dan doa kebangsaan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, dan akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo, ulama, dan pemimpin agama serta diikuti oleh lebih dari 3.000 peserta.

Usai pelaksanaan zikir dan doa kebangsaan, terdapat kegiatan lain seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni upacara pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) oleh Presiden Joko Widodo, yang kali ini dilakukan di IKN.

Selanjutnya, upacara penganugerahan tanda kehormatan di Istana Negara di Jakarta, kemudian Pidato Kenegaraan serta penyampaian RAPBN dan Nota Keuangan di Gedung Nusantara, kompleks Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

Yang istimewa dalam kegiatan bulan kemerdekaan tahun ini adalah penyelenggaraan apel kehormatan dan renungan suci di dua tempat, yaitu di Taman Makam Pahlawan Kalibata dipimpin oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan di Taman Kusuma Bangsa di IKN yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

Apel kehormatan dan renungan suci akan diselenggarakan pada tanggal 17 Agustus pukul 00.00 WIB, kemudian berlanjut Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI pada pagi harinya.sinpo

Komentar: