ISTANA GARUDA IKN

Istana Sebut Jokowi Penuhi Janji Berkantor di IKN Jelang 17 Agustus

Laporan: Tio Pirnando
Kamis, 01 Agustus 2024 | 11:59 WIB
Presiden Jokowi memamerkan ruang kerja di Istana Garuda IKN (SinPo.id/ Instagram Jokowi)
Presiden Jokowi memamerkan ruang kerja di Istana Garuda IKN (SinPo.id/ Instagram Jokowi)

SinPo.id -  Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ade Irfan Pulungan mengatakan, Presiden Joko Widodo telah memenuhi janjinya untuk berkantor di Ibukota Nusantara (IKN) sebelum HUT RI 17 Agustus 2024.

Hal itu disampaikan Ade menepis keraguan publik dan membuktikan komitmen Jokowi jika target pencapaian pembangunan IKN tahap I sudah sesuai rencana yang dicanangkan.

"Presiden Jokowi berkantor di IKN dimulai hari Senin tanggal 29 Juli 2024, maka selanjutnya proses perpindahan ASN ke IKN juga akan sesuai dengan target yang diharapkan," kata Ade dalam keterangannya, Kamis, 1 Agustus 2024.

Menurut Ade, berkantornya Presiden akan membuatnya mengawasi langsung penyelesaian pembangunan IKN. Dengan begitu, semuanya berpacu untuk memenuhi target yang sudah dicanangkan.

Terlebih, Jokowi cukup detail dan rinci dalam mengawasi pembangunan proyek tersebut. "Sebelumnya Presiden Jokowi juga sudah beberapa kali datang ke IKN, dengan mengajak para menterinya untuk berkemah di IKN. Semua itu dilakukan dalam rangka mengawal progres pembangunan IKN dan memberikan semangat kepada semua pihak untuk bekerja keras demi bangsa dan negara," tuturnya.

Selain itu, berkantornya Presiden juga akan meningkatkan kepercayaan para investor. Investor yang sudah menunjukkan minatnya untuk berinvestasi di IKN mendapatkan jaminan progres pembangunan IKN bisa berjalan sesuai rencana. Sedangkan bagi calon investor, akan semakin berlomba-lomba untuk segera masuk ke IKN.

Mantan Direktur Hukum dan Advokasi TKN Jokowi - Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019 ini pun menuturkan, saat ini sejumlah kementerian sudah mengatur jadwal perpindahan ASN ke IKN.

Ia meyakini, pemerintahan baru yang akan dipimpin Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pun akan mendukung percepatan pembangunan IKN.

"Bapak Prabowo adalah Presiden terpilih dan Gibran Rakabuming Raka Wakil Presiden terpilih yang memiliki komitmen kuat untuk pembangunan yang berkelanjutan. Sehingga IKN yang sudah dirintis oleh Presiden Jokowi akan memiliki posisi strategis dalam pembangunan Indonesia ke depan yang modern di masa mendatang," tukasnya.
 

 sinpo

Komentar: