Ratusan Orang Tewas Akibat Tanah Longsor di India

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 31 Juli 2024 | 08:45 WIB
Lebih dari 108 orang tewas dan 128 lainnya luka-luka akibat tanah longsor di bagian selatan India. (SinPo.id/Reuters)
Lebih dari 108 orang tewas dan 128 lainnya luka-luka akibat tanah longsor di bagian selatan India. (SinPo.id/Reuters)

SinPo.id - Lebih dari 108 orang tewas dan 128 lainnya luka-luka akibat tanah longsor yang dipicu hujan deras di distrik Wayanad, Kerala, negara bagian yang terkenal dengan perkebunan tehnya dan menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di India.

Beberapa perkebunan di distrik tersebut dilanda dua tanah longsor berturut-turut sebelum fajar ketika para penghunu sedang tidur. Sebagian besar korban adalah pekerja perkebunan dan keluarga mereka.

"Bencana ini telah mengakibatkan hilangnya 108 nyawa. Ini adalah salah satu bencana alam terburuk yang pernah terjadi di Kerala," kata kepala menteri negara bagian itu, Pinarayi Vijayan, dalam sebuah pernyataan. Dilansir dari ABC pada Rabu, 31 Juli 2024.

Pihak berwenang mengatakan, lebih dari 3 ribu orang telah dievakuasi dari daerah yang terdampak dan ditampung di 45 kamp pengungsian di distrik tersebut. Sementara ratusan personel, termasuk tentara, dikerahkan untuk mencari korban selamat.

Mereka menggunakan pesawat nirawak dan anjing pelacak dalam upaya pencarian. Namun, hujan deras telah memblokir jalan menuju daerah bencana, sehingga mempersulit upaya penyelamatan.

Sementara itu, Perdana Menteri India Narendra Modi menyampaikan belasungkawa di platform media sosial X.

"Saya berduka atas tanah longsor di beberapa bagian Wayanad. Pikiran saya bersama semua yang telah kehilangan orang yang mereka cintai dan saya berdoa untuk mereka yang terluka. Operasi penyelamatan saat ini sedang berlangsung untuk membantu semua yang terkena dampak," tulisnya.sinpo

Komentar: