Komitmen Capai Net Zero Emission, KAI Implementasikan PLTS di Sejumlah Fasilitas

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 30 Juli 2024 | 18:23 WIB
KAI Group berkomitmen mencapai zero net emission. (SinPo.id/Dok. KAI)
KAI Group berkomitmen mencapai zero net emission. (SinPo.id/Dok. KAI)

SinPo.id - KAI terus berkomitmen untuk mencapai net zero emission melalui berbagai langkah strategis. Salah satunya dengan mengimplementasikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di berbagai fasilitas seperti stasiun, perkantoran, griya karya, depo, dan balai yasa.

Namun, proyek tersebut dilakukan secara bertahap untuk memastikan keberlanjutan dan efisiensi energi di seluruh operasional KAI. Terlebib pada tanggal 22 Juli 2024, KAI telah menguji coba bahan bakar ramah lingkungan B40 pada KA Bogowonto.

“Pada operasional dan sarana kereta, kami mengoptimalkan penggunaan bahan bakar B35 yang lebih bersih dan efisien untuk armada kereta," kata VP Public Relations KAI Anne Purba, dalam keterangan persnya, dikutip Selasa, 30 Juli 2024.

"Serta mengelola limbah secara berkelanjutan untuk mengurangi dampak termasuk penggunaan toilet ramah lingkungan," imbuhnya.

Dalam pelayanan penumpang, KAI Group juga melakukan inovasi berupa program paperless dengan pengembangan aplikasi digital seperti Access by KAI dan boarding dengan face recognation, serta mendukung cashless society dengan mengurangi penggunaan uang cash dan eticketing pada layanan commuter.

Selain itu, untuk mendukung literasi dan edukasi yang lebih luas di bidang pelayanan, KAI Group juga menyiapkan water station untuk mengurangi penggunaan botol plastik pada pegawai dan pelanggan KA yang ditargetkan dapat terlayani lebih dari 400 juta pada tahun 2024.

Anne mengatakan, dispenser yang disediakan KAI untuk penumpang merupakan layanan Drinking Water Station. Layanan tersebut memungkinkan penumpang mengisi ulang air seperlunya selama di stasiun.

”Hadirnya dispenser merupakan langkah dari KAI untuk menerapkan kampanye ramah lingkungan," jelasnya.sinpo

Komentar: