Kementerian Kesehatan Palestina Nyatakan Gaza Daerah Endemi Polio

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 30 Juli 2024 | 06:42 WIB
Sumber: AP
Sumber: AP

SinPo.id -  Kementerian Kesehatan Palestina menyatakan bahwa Gaza saat ini telah menjadi daerah endemis polio, akibat dari serangan brutal Israel yang memperburuk masalah kesehatan di Gaza.

"Situasi ini menimbulkan ancaman kesehatan bagi penduduk Gaza dan negara-negara tetangga," kata Kementerian Kesehatan Palestina dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Al Jazeera, Selasa 30 Juli 2024.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah mengonfirmasi penyebaran virus polio di Gaza yang mengancam jiwa. Virus tersebut terdeteksi dalam sampel limbah, namun persediaan air minum yang sudah langka di Jalur Gaza, juga berisiko terkontaminasi oleh virus tersebut.

Pasalnya, warga Palestina selama ini telah tinggal di tenda-tenda darurat tanpa kamar mandi, tanpa kebersihan, tanpa akses ke air, dan sanitasi. Bahkan limbah juga ada di mana-mana.

Oleh karena itu, WHO mengatakan akan mengirimkan lebih dari satu juta vaksin polio ke Gaza untuk diberikan selama beberapa minggu mendatang guna mencegah anak-anak terinfeksisinpo

Komentar: