Kasus Diabetes Anak Meningkat, Pemerintah Diminta Buat Kebijakan Komprehensif

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 29 Juli 2024 | 08:20 WIB
Ilustrasi anak-anak (SinPo.id/Pixabay)
Ilustrasi anak-anak (SinPo.id/Pixabay)

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati, meminta pemerintah untuk membuat kebijakan komprehensif untuk mengatasi tren kenaikan kasus diabetes dan gagal ginjal pada anak. Mulai dari promotif, preventif, kuratif hingga rehabilitatif.

"Pemerintah berkewajiban melindungi anak-anak kita dari dampak berbahaya penyakit yang kini menyerang usia muda," kata Kurniasih dalam keterangan persnya, dikutip Senin, 29 Juli 2024.

"Jangan sampai upaya kita fokus melindungi balita dari stunting tapi kecolongan di usia atasnya karena penyakit seperti gagal ginjal dan diabetes anak mengancam," lanjutnya.

Selain itu, ia juga meminta agar pemerintah memperkuat edukasi tentang bahayanya makanan dengan kandungan Gula, Garam, dan Lemak (GGL) berlebih, terutama pada jajanan anak. Sehingga perlu ada pencantuman level kadar gula dalam makanan dan minuman kemasan oleh industri.

"Ini tugas DPR bersama pemerintah menghasilkan regulasi untuk mengatur kandungan GGL termasuk pada makanan atau jajan anak-anak. Salah satunya untuk melindungi mereka dari asupan yang merusak kesehatan," terangnya.

Meski demikian, Kurniasih berharap pemerintah bisa lebih cepat dalam tindakan agar fenomena semakin mudanya penderita penyakit tidak menular ini tidak menjadi bom waktu.

“Ayo kita sama-sama pasang alarm jangan sampai fenomena penyakit yang penderitanya semakin muda ini jadi bom waktu. Mencegah lebih baik daripada mengobati. InsyaAllah demi generasi mendatang kita bisa," tandasnya.sinpo

Komentar: