Pejuang Palestina Melawan Pasukan Israel di sekitar Khan Younis

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 29 Juli 2024 | 07:32 WIB
Sumber: Reuters
Sumber: Reuters

SinPo.id -  Kelompok pejuang Palestina, masih terus berjuang melawan pasukan Israel yang melancarkan serangan melalui darat dan udara di sekitar kota Khan Younis di Jalur Gaza selatan, dengan tujuan memusnahkan Hamas.

Penduduk melaporkan, pertempuran sengit, hingga membuat ribuan warga Palestina harus mengungsi beberapa kali, menuju daerah yang penuh sesak di Al-Mawasi di barat daya Khan Younis, dan ke utara menuju Deir Al-Balah di Jalur Gaza tengah.

Adapun pertempuran itu terjadi seminggu setelah pasukan Israel memerintahkan warga sipil untuk mengungsi dari Khan Younis, dan tank-tank bergerak ke kota-kota Al-Karara, Al-Zanna, dan Bani Suhaila, di sebelah timur Khan Younis. Akibatnya 34 warga sipil tewas.

Israel menyalahkan Hamas dan menuduh para pejuangnya bersembunyi di wilayah sipil. Sehingga mereka memerintahkan seluruh warga sipil untuk mengungsi atau mengevakuasi diri guna mengurangi jatuhnya korban sipil.

Namun mereka tidak memberi banyak waktu atau memberitahu dimana tempat yang aman bagi warga sipil. Sehingga, banyak warga sipil yang tewas akibat serangan brutal Israel.

Menanggapi hal itu, kepala badan bantuan PBB untuk Palestina, Philippe Lazzarini, mengatakan, perintah evakuasi oleh militer Israel hanya memperparah penderitaan warga Palestina.

"Sering kali, orang hanya punya beberapa jam untuk mengemas apa pun yang mereka bisa & memulai semuanya dari awal lagi, kebanyakan dengan berjalan kaki atau dengan kereta keledai yang penuh sesak bagi mereka yang mampu membelinya," katanya, dilansir dari Reuters, Senin 29 Juli 2024.

Bahkan satu serangan udara menghantam tenda-tenda pengungsi di daerah di Al-Mawasi, yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai zona aman oleh pasukan Israel, dan menewaskan lima orang termasuk seorang gadis berusia empat bulan bernama Maria Abu Ziada.

Sementara pertempuran juga terus berlanjut di daerah lain, termasuk Rafah, di daerah pinggiran Tel Al-Hawa Kota Gaza, di utara Gaza, dan di Gaza tengah.sinpo

Komentar: