Jelang Pilkada 2024, Polri Instruksikan Seluruh Kapolres Kelola Potensi Konflik

Laporan: Firdausi
Jumat, 26 Juli 2024 | 12:55 WIB
Wakabareskrim Polri, Irjen Pol Asep Edi Suheri (SinPo.id/Dok.Polri)
Wakabareskrim Polri, Irjen Pol Asep Edi Suheri (SinPo.id/Dok.Polri)

SinPo.id - Wakabareskrim Polri sekaligus Kepala Operasi Nusantara Cooling System (Kaops) Polri, Irjen Pol Asep Edi Suheri menginstruksikan kepada seluruh Kapolres dan Kapolsek agar bisa mengelola potensi konflik menjelang Pilkada Serentak 2024. 

Mengingat di situasi Pilkada Serentak ini, akan banyak tantangan yang dihadapi, seperti halnya berita hoax, isu SARA, propaganda, dan ujaran kebencian. 

"Kapolres harus dapat mengelola potensi konflik, percuma bisa ungkap-ungkap kasus tetapi tidak bisa mendeteksi dan mengelola potensi konflik," kata Asep Edi dalam keterangannya, Jumat, 26 Juli 2024. 

Untuk meminimalisir potensi tersebut, dia menyarankan anggota rutin turun ke lapangan untuk mengecek situasi yang terjadi di tengah masyarakat. 

"Kalau tidak dapat mengelola potensi konfilk dianggap tidak berhasil menjalankan tugas. Sering-sering turun ke lapangan," tegas Asep. 

Dirinya juga menyarankan agar di tingkat Polda untuk dibentuk Tim Satgas Cooling System dengan nama kearifan lokal seperti yang dibentuk oleh Polda Aceh yakni Tim Satgas Sejuk Seulawah. 

"Intinya seluruh satker harus bisa bekerjasama dalam upaya kegiatan preemtif dan preventif," ungkapnya. 

Selain itu, kata dia, upaya-upaya mendinginkan situasi juga harus dilakukan anggota. Salah satunya dengan cara menjalin hubungan silaturrahim dengan para tokoh masyarakat, tokoh agama, aktivis, organisasi mahasiswa, dan organisasi kepemudaan dan masyarakat 

"Ajak untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan serta kemajuan bangsa bangsa diatas kepentingan kelompok," tandasnya.sinpo

Komentar: