Komisi X DPR Optimistis Indonesia Raih Emas di Olimpiade

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 25 Juli 2024 | 05:21 WIB
Olimpiade
Olimpiade

SinPo.id -  DPR RI mendukung 29 atlet Indonesia yang akan bertanding di Olimpiade Paris 2024. Tim Merah Putih diharapkan memberikan hasil terbaik sehingga bisa menaikkan bendera Merah Putih serta lagu Indonesia Raya yang dikumandangkan pada ajang Olimpiade Paris.

Hal ini disampaikan oleh Anggota Komisi X DPR RI Andreas Hugo Pareira melalui rilis yang disampaikan kepada Parlementaria, Rabu 24 Juli 2024. Ia mengingatkan menjunjung tinggi suportivitas. 

"Jadwal pertandingan di Olimpiade Paris sudah semakin dekat. Semangat untuk kontingen Indonesia dan berjuanglah demi Merah Putih dan kumandangkanlah Indonesia Raya, serta junjung tinggi sportivitas," tutur Andreas

Kontingen Indonesia telah dilepas menuju Olimpiade 2024 Paris pada Rabu 10 Juli 2024 lalu. Saat ini beberapa atlet sudah melakukan latihan dan beradaptasi dengan lokasi pertandingan. 

Salah satunya tim Merah Putih yang sudah berangkat ke Paris ialah tim bulutangkis Indonesia. Diketahui, mereka yang sudah mencoba lapangan pertandingan sejak Senin 22 Juli 2024 kemarin. Andreas mengatakan, cabang olahraga (cabor) bulutangkis menjadi salah satu harapan yang dapat membawa pulang medali emas.

“Tim bulutangkis kita menjadi salah satu andalan Indonesia selama ini. Prestasi atlet-atlet bulutangkis Indonesia di dunia sudah tidak diragukan,” terangnya.

“Semoga tradisi bulutangkis Indonesia membawa pulang emas bisa berlanjut di Olimpiade Paris ini. Pertahankan medali emas untuk kebanggaan rakyat Indonesia,” lanjut Andreas.

Dirinya menilai cabor panjat tebing dan angkat besi juga berpotensi membawa emas dari Olimpiade Paris 2024. Ia meyakini, banyak atlet terbaik Indonesia yang akan mengibarkan bendera Merah Putih di podium kompetisi olahraga multicabang empat tahunan itu.

“Panjat tebing dan angkat besi selama ini juga banyak menorehkan prestasi. Saya optimistis cabor-cabor lain juga akan memberikan gebrakan di Olimpiade Paris,” ungkapnya. Andreas berharap, kontingen Indonesia bisa memberikan penampilan terbaiknya. Ia mengingatkan, pelatihan untuk penyesuaian cuaca dan fisik atlet harus dilakukan secara maksimal.

"Saya yakin semua atlet, pelatih maupun tim supporting sudah dalam kondisi prima. Adaptasi dengan kondisi iklim yang berbeda perlu diperhatikan agar para atlet terbiasa sebelum pertandingan dimulai," jelasnya.

Lebih lanjut Legislator dari Dapil NTT I itu mengatakan para atlet, pelatih, dan tim pendukung yang tergabung dalam kontingen Indonesia telah menunjukkan dedikasi, kerja keras, dan semangat juang yang luar biasa dalam persiapan menuju Olimpiade Paris 2024. Andreas pun mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk memberi dukungan bagi Tim Garuda. 

"Dukungan dari rakyat Indonesia akan memberikan semangat untuk kontingen kita di Paris. Mari kita mendoakan para atlet dan seluruh anggota tim Indonesia dapat bertanding di Olimpiade Paris dengan sukses,” ucapnya.

Di sisi lain, Andreas mendorong Pemerintah untuk terus memberikan perhatian terhadap kemajuan olahraga Indonesia. Termasuk dengan terus memberikan dukungan sarana prasarana untuk kemajuan atlet.

“Berikan fasilitas-fasilitas juga untuk menunjang latihan para atlet sehingga kemampuan mereka semakin terasah dengan baik,” tegasnya.

"Kalau Indonesia memiliki sarana dan prasarana yang lengkap dan bagus, tentunya itu akan membantu kemajuan para atlet sehingga mereka dapat menorehkan prestasi di kancah internasional," sambungnya.

Andreas juga memastikan DPR akan terus memberikan dukungan kepada para atlet sesuai fungsi dan kewenangan dewan. Salah satu terobosan yang dilakukan DPR adalah terkait perlindungan hari tua bagi para atlet berupa sistem jaminan sosial nasional lewat Undang-Undang Nomor 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan. 

"Negara harus tetap menghargai jasa-jasa para atlet yang telah mengharumkan nama bangsa. Kita tidak ingin ada lagi kejadian atlet yang menjual medalinya karena kesulitan biaya hidup setelah pensiun,” jelas Andreas.

“Lewat UU Keolahragaan yang baru, DPR ingin memastikan apresiasi bagi para atlet tidak diberikan hanya ketika ia berhasil menorehkan prestasi saja, tapi tetap berkelanjutan. Maka jaminan sosial bagi para atlet sangat penting,” imbuhnya.

Adapun upacara pembukaan Olimpiade Paris akan berlangsung pada Jumat, 26 Juli 2024 malam waktu setempat. Opening ceremony akan digelar di Sungai Seine di mana para kontingen tiap-tiap negara nantinya mengikuti parade dengan menumpang perahu di sepanjang sungai dari Pont d'Austerlitz ke Pont d'Iena.

Tim kontingen Indonesia disebut akan memberikan kejutan yang menarik pada malam pembukaan Olimpiade Paris. Mereka akan mengenakan kostum gabungan tradisional dan global, namun tetap fashionable. 

"Dari Tanah Air, kami menantikan penampilan dari para atlet Indonesia yang bertanding. Semoga para atlet selalu fokus pada pertandingan, tapi sekaligus dapat menampilan sajian menawan bagi masyarakat dunia,” ucap Andreas.

Untuk diketahui, Indonesia akan berlaga di 12 cabor pada Olimpiade Paris 2024 Olimpiade Paris 2024 yang akan berlangsung mulai 26 Juli hingga 11 Agustus mendatang. 12 cabor itu adalah angkat besi, atletik, balap sepeda, bulu tangkis, dayung, judo, menembak, panahan, panjat tebing, renang, selancar ombak, dan senam artistik. sinpo

Komentar: