Jadi Irup Pemakaman Hamzah Haz, Menko Polhukam: Kita Merasa Kehilangan

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 24 Juli 2024 | 22:17 WIB
Menko Polhukam saat menjadi Irup Pemakaman Wapres Hamzah Haz (SinPo.id/Kemenko Polhukam)
Menko Polhukam saat menjadi Irup Pemakaman Wapres Hamzah Haz (SinPo.id/Kemenko Polhukam)

SinPo.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto, menjadi Inspektur Upacara (Irup) pemakaman secara militer Mantan Wakil Presiden RI ke-9 RI, Hamzah Haz, di pemakaman keluarga, Ciawi, Bogor, Rabu, 24 Juli 2024.

Hadi menyampaikan, Indonesia kehilangan sosok negarawan yang telah mengabdikan diri sebagai mantan Wakil Presiden RI periode 2001-2004, Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Masyarakat pada Kabinet Persatuan Nasional, dan Menteri Negara Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal pada Kabinet Reformasi Pembangunan.

“Kita merasa kehilangan yang mendalam atas kepergian Almarhum, telebih-lebih bagi keluarga yang ditinggalkan. Namun, sebagai insan hamba Tuhan yang taqwa dan meyakini kebesaran kuasa dan kehendak-Nya, peristiwa ini diterima dengan penuh keimanan dan keikhlasan karena kelahiran dan ajal bagi makhluk yang bernyawa hanyalah atas kehendak-Nya,” kata Hadi.

Mantan Panglima TNI itu juga menyebut upacara pelepasan jenazah tersebut merupakan penghormatan Pemerintah dan Tentara Nasional Indonesia kepada Hamzah Haz.

“Upacara kebesaran kenegaraan ini dilaksanakan sebagai penghormatan dan penghargaan atas jasa, dharma bakti, serta pengabdian Almarhum kepada negara dan bangsa semasa hidupnya,” ungkapnya.

Mewakili Pemerintah, Hadi selaku Irup menyampaikan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya. Semoga Tuhan yang Maha Esa senantiasa memberikan ketabahan, kesabaran, dan bimbingan serta perlindungan kepada seluruh keluarga yang ditinggalkan.

“Dengan penuh keikhlasan, patut untuk diteladani oleh kita semua yang masih hidup dalam melanjutkan pengabdian kepada bangsa dan negara,” tandasnya.sinpo

Komentar: