Puan Kenang Hamzah Haz sebagai Sosok Teduh dan Merangkul

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 24 Juli 2024 | 15:49 WIB
Ketua DPR Puan Maharani (SinPo.id/Parlementaria)
Ketua DPR Puan Maharani (SinPo.id/Parlementaria)

SinPo.id - Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan dukacita atas wafatnya Wakil Presiden (Wapres) ke-9 Indonesia Hamzah Haz. Puan mengenang Hamzah sosok yang teduh dan merangkul.

"Innalillahi wainnailaihi roji'un. Saya atas nama pribadi, keluarga dan DPR RI menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas kepergian Bapak Dr. Hamzah Haz. Bapak Hamzah Haz yang saya kenal adalah sosok yang teduh dan merangkul," kata Puan dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin, 23 Juli 2024.

Puan juga menyebut Hamzah sosok pemimpin yang telah memberikan kontribusi besar bagi bangsa dan negara. Dia menilai Hamzah telah mewakfkan dirinya berdedikasi untuk bangsa dan negara semasa hidupnya. Hamzah Haz merupakan wapres era Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri.

"Beliau sosok negarawan paripurna yang mewakafkan dirinya berdedikasi untuk bangsa dan negara," ujar Puan.

Puan mengapresiasi dedikasi dan perjuangan Hamzah selama masa hidupnya. Dia juga menyinggung peran Hamzah saat bersama sang Ibu, Presiden Megawati, memimpin Indonesia.

"Kepemimpinan beliau bersama Ibu Megawati Soekarnoputri telah membawa Indonesia melalui masa-masa yang penuh tantangan dengan keberanian dan kebijaksanaan. Kami sangat menghormati dedikasi dan jasa-jasa beliau dalam memajukan Indonesia. Kontribusinya untuk bangsa ini sangat besar," kata Puan.

Puan berharap Hamzah selalu dikenang dan menjadi teladan bangsa. Menurutnya, kepergian Hamzah meninggalkan duka yang mendalam bagi bangsa Indonesia.

"Duka mendalam seluruh bangsa Indonesia mengiringi kepergian beliau, selamat jalan Pak Hamzah Haz," kata Puan.

Hamzah meninggal dunia hari ini. Pria kelahiran Ketapang, Kalimantan Barat, pada 15 Februari 1940, itu tutup usia pada pukul 09.30 WIB di Klinik Tegalan, Jakarta. 

Jenazah Hamzah dibawa ke rumah duka di Matraman, Jakarta. Banyak tokoh berdatangan ke rumah duka untuk melayat almarhum.sinpo

Komentar: