PILGUB JABAR

Golkar Lebih Bulat Mengusung Kang Emil di Pilkada Jabar

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 22 Juli 2024 | 15:58 WIB
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)

SinPo.id - Waketum Golkar Ahmad Doli Kurnia menyatakan partainya lebih bulat mengusung Ridwan Kamil (Kang Emil) maju di Pilkada Jawa barat (Jabar) 2024. Elektabilitas Kang Emil di Jabar dinilai jauh lebih baik ketimbang Jakarta.

"Ya kalau Golkar sampai saat ini kita masih merekomendasikan RK tetap di Jawa Barat, dengan pertimbangan, ini semakin hari kita lihat dua bulan terakhir ini di berbagai hasil survei di mana saja ini kan makin tinggi, makin eskalatif, bahkan terakhir 50 koma sekian persen di SMRC kalau enggak salah, dan approval rating-nya hampir 90 persen," kata Doli saat dihubungi, Jakarta, Senin, 22 Juli 2024.

Menurut Doli, internal Golkar tak mau mengabaikan hasil survei yang memperlihatkan elektabilitas Kang Emil kuat di bursa Jabar. Doli menyebut kans Kang Emol jauh lebih tinggi di Jabar ketimbang Jakarta.

"Artinya bahwa masyarakat Jawa Barat masih sangat menginginkan RK menjadi Gubernur Jawa Barat. Kita kan nggak bisa mengabaikan itu, artinya kan kami mendukung seseorang dengan kita melihat orang itu supaya orang-orang itu punya makna di daerah itu kan. Jadi artinya kalau dari hasil survei, masyarakat menilai bahwa RK itu lebih di Jawa Barat daripada di Jakarta," ucapnya.

Ketua Komisi II DPR ini menepis adanya pandangan Pilgub Jakarta lebih strategis ketimbang Jabar. Menurutnya, pemetaan pilkada di Jakarta masih belum jelas sampai saat ini.

"Kalau soal strategis tidaknya itu kan nomor dua. Pertama, kan di Jakarta itu sekarang, jadi tidak usah dibilang strategis atau tidak strategis, Jakarta itu kan kita belum tahu rimbanya kayak gimana. Ya sekarang, satu, siapa yang maju, belum tahu," ujar Doli.

"Yang kedua, RK kalau di survei di Jakarta terakhir di nomor tiga, cuma 6 persen. Jadi peluang menangnya juga belum tentu besar. Terus kemudian kalau strategis, ya tentu buat kami lebih strategis Jawa Barat dibandingkan dengan Jakarta," timpalnya.

Sejumlah partai politik (parpol) di Koalisi Indonesia Maju (KIM) sejauh ini masih menginginkan Kang Emil bertarung di Pilkada Jakarta. Meski elektabilitasnya belum menunjukkan angka yang signifikan, namun parpol di KIM masih optimistis Kang Emil mampu memenangkan pertarungan Pilkada Jakarta. Sebagian besar parpol di KIM menilai masih banyak waktu untuk Kang Emil mendongkrak elektabilitasnya di Jakarta.sinpo

Komentar: