Ajak Hilirisasi, Mendag Minta Ekspor Kelapa Mentah Dihentikan

Laporan: Tio Pirnando
Senin, 22 Juli 2024 | 14:52 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (SinPo.id/YouTube Setpres)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (SinPo.id/YouTube Setpres)

SinPo.id - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan alias Zulhas mengajak para petani hingga pelaku industri kelapa untuk melakukan hilirisasi, agar Indonesia tak lagi mengekspor produk mentah. 

Sebab, Zulhas menganggap setiap bagian dari pohon kelapa dapat menghasilkan produk yang bernilai.

"Sesuai arahan Bapak Presiden, kita harus berhenti ekspor kelapa mentah saja. Setiap bagian dari pohon kelapa dapat digunakan untuk menghasilkan produk yang bernilai," kata Zulhas pada acara International Cocotech Conference & Exhibition ke-51 di Kota Surabaya, Jawa Timur, Senin, 22 Juli 2024. 

Menurut Zulhas, ada beberapa olahan yang dapat dimanfaatkan dari kelapa. Baik itu minyak kelapa, santan, kelapa parut dan air kelapa. 

Saat ini, Indonesia mulai mengekspor nata de coco, briket arang, dan tempurung kelapa. "Produk-produk ini semakin diminati karena kualitas yang baik," jelasnya.

Untuk itu, lanjut Zulhas, dengan Indonesia sebagai produsen kelapa terbesar kedua di dunia, harus dimanfaatkan secara baik. 

"Indonesia merupakan produsen kelapa terbesar kedua di dunia. Indonesia juga merupakan eksportir produk-produk kelapa dan turunannya," tukas Zulhas.sinpo

Komentar: