Komisi VII DPR RI DPR Apresiasi Berbagai Terobosan PLN dalam Transisi Energi

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 16 Juli 2024 | 08:28 WIB
PLN
PLN

SinPo.id -  Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Bambang Haryadi, mengapresiasi berbagai terobosan yang dibuat PLN dalam pelaksanaan transisi energi dan aspek keberlanjutan (sustainability) di sektor ketenagalistrikan.

Menurutnya, penerapan inovasi seperti Green Hydrogen Plant (GHP) dari Kementerian ESDM RI dan PT PLN (Persero) dapat menjadi bagian penting mendukung transisi energi dan peta jalan pencapaian NZE Indonesia pada tahun 2060.

Seperti terobosan yang dibuat oleh PLN Paiton, yang berencana melakukan transisi ke energi biomassa. Namun dalam realisasinya, Bambang meminta agar PLN terlebih dahulu memastikan tidak ada pasokan yang terganggu.

"Entah itu pakai biomassa, gas, tenaga surya maupun hidrogen. Meski demikian kita harus memastikan terlebih dahulu bahwa pasokan tidak akan terganggu," kata Bambang dalam keterangan persnya, dikutip Selasa 16 Juli 2024.

"Karena setiap transisi itu pasti akan ada yg terganggu.  Harapan kita dengan beralih berangsur-angsur ini, target kita NZE 2060 bisa tercapai tetapi dengan pasokan listrik masyarakat juga tetap terjaga dengan baik," lanjutnya.

Oleh karena itu, selain mengapresiasi apa yang telah dilakukan PLN, pihaknya juga mendorong agar semua pembangkit-pembangkit listrik berbahan bakar fosil lainnya bisa meniru terobosan PLN Paiton.

"Kita akan menyelesaikan RUU PTL terbaru, dan kita juga akan lebih mengkongkritkan lagi mana-mana saja pembangkit listrik PLN yang akan bertransisi ke energi baru terbarukan," katanya menambahkan.sinpo

Komentar: