KAI Layani Ratusan Juta Penumpang Sepanjang Semester I 2024
SinPo.id - Kereta Api Indonesia (KAI) Group tercatat telah meyalani 218.964.010 pelanggan sepanjang semester I 2024. Angka tersebut meningkat 22 persen dari sebanyak 179.577.935 pelanggan, pada semester I 2023.
Adapun rinciannya, terdiri dari 22.223.702 pelanggan KA Jarak Jauh, 3.511.405 pelanggan KA lokal (dikelola KAI), 179.101.318 pelanggan KAI Commuter, 2.709.305 pelanggan KAI Bandara, 8.685.648 pelanggan LRT Jabodebek, dan 2.665.710 pelanggan Whoosh.
"KAI Group berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan melalui berbagai inovasi yang secara konsisten kami hadirkan,” kata VP Public Relations KAI Anne Purba, dalam keterangan persnya, Jumat, 12 Juli 2024.
Menurutnya, peningkatan volume penumpang tersebut ditunjang oleh adanya pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) baru mulai Juni 2023.
Selain itu, pada Semester I 2024, tingkat ketepatan waktu keberangkatan kereta api penumpang mencapai 99,76 persen, meningkat dibanding Semester I 2023 yakni 99,57 persen. Adapun tingkat ketepatan waktu kedatangan kereta api penumpang pada Semester I 2024 mencapai 96,80 persen, meningkat dibanding Semester I 2023 yakni 94,26 persen.
Anne mengatakan, perbaikan performa ketepatan waktu kereta api ini diraih melalui peningkatan mutu kinerja operasional secara keseluruhan termasuk perawatan sarana dan prasarana.
“KAI akan terus melakukan perbaikan-perbaikan di seluruh lini guna meningkatkan pelayanan bagi pelanggan serta keselamatan perjalanan kereta api," tandasnya.