DPRD DKI Targetkan Penataan RW Kumuh Rampung di Tahun 2027

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 12 Juli 2024 | 06:21 WIB
Ilustrasi kota Jakarta (SinPo.id/DPRD DKI)
Ilustrasi kota Jakarta (SinPo.id/DPRD DKI)

SinPo.id - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Khoirudin berharap pada tahun 2027 tidak ada lagi lingkungan Rukun Warga (RW) kategori kumuh di Jakarta. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), masih ada 450 RW kumuh di 2023.

Karena itu, Khoirudin mendorong Pemprov DKI Jakarta segera menuntaskan penataan RW kumuh dalam tiga tahun mendatang. Langkah tersebut bisa dimulai dengan RW Kumuh.

“Saya berharap memang seiring dengan DKI menjadi DKJ harus segera dituntaskan (penataan RW kumuh),” ujar Khoirudin di gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis, 11 Juli 2024.

Khoirudin mengimbau Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta bersama Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta segera menindaklanjutinya agar penataan Kota Jakarta berjalan dengan lancar.

“Dinas Perumahan menjadi punya kewajiban untuk penataan ini, sebetulnya tinggal pendataan yang benar, lalu ada tahapannya,” ujarnya.

Masih banyaknya RW kumuh yang berdekatan dengan gedung-gedung pencakar langit juga membuat Khoirudin prihatin. Seperti di kolong tol sekitar Tanah Tinggi dan Johar Baru, Jakarta Pusat.

“Jumlah kawasan kumuh di Jakarta memang banyak, bahkan di samping gedung-gedung mewah banyak. Kita malu melihat hal ini ketika kita keliling Jakarta karena kontras sekali,” tutur Khoirudin.

Khoirudin menyebut, salah satu upaya yang bisa dilakukan Pemprov DKI yakni membangun hunian vertikal atau rumah susun (Rusun), khusus masyarakat menengah ke bawah. Ini menjadi salah satu solusi.

“Ya paling tidak perbanyak bangunan ke atas, rumah susun diperbanyak untuk penataan permukiman kumuh,” tandas Khoirudin.

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi DKI berhasil mengurangi 220 RW kumuh di tahun 2023. Yakni, melalui program rencana aksi komunitas (Community Action Plan/CAP) dan program mengimplementasikan kebersamaan masyarakat dalam menata lingkungan (Collaborative Implementation Program/CIP).sinpo

Komentar: