Golkar Tak Khawatir Nama Sandiaga Uno Masuk Bursa Cagub di Pilkada Jabar

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 10 Juli 2024 | 18:10 WIB
Ketua DPD Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)
Ketua DPD Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Partai Golkar mengaku tak khawatir Ridwan Kamil (Kang Emil) akan tersaingi oleh sejumlah nama yang muncul seperti Sandiaga Uno dalam bursa calon gubernur dalam Pilkada Jawa Barat (Jabar) 2024.

Golkar optimistis elektabilitas Kang Emil sebagai mantan Gubernur Jawa Barat masih tinggi pada sejumlah survei. Selain itu, survei tingkat kepuasan atas pemerintahan Kang Emil di Jawa Barat pun masih tinggi.

"Ya kami masih optimis dari beberapa survei yang kita lakukan, termasuk survei yang dipublikasikan oleh Indikator Politik Indonesia," kata Ketua DPD Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 10 Juli 2024.

Meski begitu, dia belum membuka kemungkinan terkait pemasangan Kang Emil dengan Sandiaga Uno di Jawa Barat. Menurutnya, hal itu akan diputuskan oleh pimpinan pusat Partai Golkar.

Selain itu, kata Ace, Partai Golkar pun sejauh ini masih menunggu survei internal kedua atas elektabilitas Kang Emil. Adapun survei internal kedua itu disebut jadi penentu bagi Kang Emil untuk maju di Jawa Barat atau di Jakarta.

Sejauh ini, Kang Emil telah diberi rekomendasi oleh Partai Golkar yang menaunginya untuk maju pada Pilkada Jawa Barat dan Pilkada Jakarta. Namun, beberapa partai lain mendorong agar Kang Emil maju di Jakarta, di saat Partai Golkar memberi sinyal agar sosok tersebut kembali memimpin Jawa Barat.

Sedangkan dorongan sosok Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno untuk masuk ke dalam bursa calon Gubernur Jawa Barat, salah satunya muncul dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan nama kader dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menjadi aspirasi dari jajaran PKB. Untuk itu, menurut dia, PKB masih menjajaki kemungkinan Sandiaga Uno untuk didukung menjadi calon Gubernur Jawa Barat.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI