Pilkada Jakarta

KPU DKI Tetapkan Pasangan Dharma-Kun Lolos Verifikasi Administrasi Calon Independen

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 10 Juli 2024 | 15:12 WIB
Pasangan Cagub dan Cawagub Jakarta Independen, Dharma Pongrekun dan Kun Wardhana (SinPo.id/X)
Pasangan Cagub dan Cawagub Jakarta Independen, Dharma Pongrekun dan Kun Wardhana (SinPo.id/X)

SinPo.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI resmi menetapkan Dharma Pongrekun dan Kun Wardhana lolos dalam tahapan verifikasi administrasi perbaikan calon gubernur dan wakil gubernur perseorangan atau independen di Pilkada Jakarta 2024.

Penetapan tersebut disampaikan Ketua KPU DKI Wahyu Dinata saat memimpin rapat pleno di Jakarta, Rabu, 10 Juli 2024.

"Status perbaikan syarat administrasi bakal calon gubernur dan wakil gubernur dinyatakan memenuhi syarat dan berhak mengikuti tahapan verifikasi faktual," ucap Wahyu.

Menurut Wahyu, keputusan ini ditetapkan dalam Berita Acara Nomor 311/PL.02.2-BA/31 tahun 2024 tentang hasil perbaikan verifikasi administrasi perbaikan ke satu dukungan calon independen atas tindaklanjut Keputusan Bawaslu.

Dia menyampaikan, KPU DKI melakukan verifikasi ulang sesuai hasil sengketa yang diputuskan Bawaslu dan hasilnya pasangan Dharma-Kun ditetapkan mengumpulkan sebanyak 721.221 dukungan dari warga DKI Jakarta.

"Jumlah dukungan sebanyak 721.221 dukungan ini lebih banyak dari batas syarat jumlah dukungan yang telah ditetapkan KPU sebesar 618.968 dukungan," ungkap dia. 

Sebelumnya, KPU DKI menerima perbaikan dokumen syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan atau independen untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2024 setelah adanya putusan Bawaslu.

"Perbaikan dokumen syarat dukungan dilakukan hanya untuk data yang belum memenuhi syarat (BMS) pada verifikasi administrasi awal," kata Anggota KPU DKI Jakarta Dody Wijaya saat dikonfirmasi, Jumat 5 Juli 2024.

Dia mengatakan, pihaknya sudah memutuskan untuk membolehkan pasangan calon perseorangan Dharma Pongrekun dan Kun Wardana memperbaiki data yang langsung ditindaklanjuti oleh KPU.sinpo

Komentar: