Cak Imin Nilai Sulit Realisasikan Usulan Pimpinan DPR Diisi Seluruh Partai

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 09 Juli 2024 | 21:09 WIB
Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (SinPo.id)
Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (SinPo.id)

SinPo.id - Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menilai usulan agar pimpinan legislatif diisi oleh seluruh partai politik (parpol) di Parlemen merupakan hal yang sulit. Sebab, usulan itu harus mengubah undang-undang (UU).

"Ya, itu prosesnya agak sulit karena harus mengubah undang-undang," kata Cak Imin usai menghadiri rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 9 Juli 2024.

Ketua Umum PKB itu juga belum bisa memastikan usulan itu bisa terwujud atau tidak. Apalagi, butuh waktu yang panjang untuk mengubah UU.

"Saya enggak tahu (mungkin atau tidak, karena mengubah) undang-undang kan prosesnya lama," ujarnya.

Usulan agar pimpinan DPR diisi oleh parpol yang berada di Parlemen itu pertama kali dicetuskan oleh PKS. Wacana itu disampaikan PKS saat bertemu pimpinan MPR beberapa waktu lalu.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamseot) yang memimpin pertemuan itu mengatakan jika pihaknya menerima usulan dari PKS yang menginginkan agar formasi pimpinan DPR RI diisi oleh seluruh perwakilan fraksi partai di Parlemen.

Bamsoet menilai usulan keterwakilan seluruh partai dalam pimpinan DPR memiliki manfaat. Pasalnya, keterwakilan itu membuat komunikasi dengan pimpinan partai politik bisa lebih lancar.

"Saya merasakan manfaat seluruh perwakilan partai politik ada di pimpinan MPR. Kalau DPR bisa meniru, itu sangat baik," kata Bamsoet.sinpo

Komentar: