Menko Hadi: Pemerintah Pusat dan Daerah Wajib Bersinergi Sukseskan Pilkada

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 09 Juli 2024 | 15:57 WIB
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto (SinPo.id/Kemenko Polhukm)
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto (SinPo.id/Kemenko Polhukm)

SinPo.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto menyebut pemerintah pusat dan daerah harus saling bersinergi dalam menyukseskan Pilkada Serentak 2024.

Hal itu disampaikan Hadi dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Penyelenggara Pilkada Serentak 2024 di Medan, Sumatera Utara, Selasa, 9 Juli 2024.

"Pemerintah pusat dan pemda berkewajiban memberikan dukungan dan fasilitas berupa terciptanya ketenteraman dan ketertiban umum selama pilkada," ucap Hadi dikutip melalui YouTube Kemenko Polhukam.

Menurut Hadi, dukungan pemerintah sangatlah penting lantaran kepala daerah memiliki wewenang membuat kebijakan dalam mendukung jalannya pilkada.

"Salah satu dukungan yang bisa diberikan kepala daerah adalah pengalokasian anggaran untuk memfasilitasi jalannya pilkada," ungkap dia. 

Hadi menyebut, anggaran tersebut bisa dialokasikan dari pusat ke daerah jika terjadi koordinasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah. Selain itu, kata dia, setiap pemda juga bisa memberikan fasilitas operasional untuk penyelenggara pemilu, seperti kantor dan lokasi pencoblosan.

"Pemda juga bertanggung jawab untuk menciptakan situasi aman selama pilkada dengan cara menggandeng TNI dan Polri di setiap wilayah," kata Hadi. 

Kendati demikian, Hadi mengingatkan ihwal netralitas pemda dan seluruh aparat di wilayah dalam mendukung jalannya pilkada.

"Dari semua dukungan yang bisa diberikan pemerintah daerah, tetap pentingnya sikap netralitas," tandasnya. sinpo

Komentar: