KAI Catat Sepanjang 2024 Terjadi Kecelakaan 195 Kali

Laporan: Tio Pirnando
Minggu, 07 Juli 2024 | 15:15 WIB
Ilustrasi kereta api sedang melintas. (SinPo.id/dok. KAI)
Ilustrasi kereta api sedang melintas. (SinPo.id/dok. KAI)

SinPo.id - Direktur Keselamatan dan Keamanan  PT Kereta Api Indonesia (Persero) Dadan Rudiansyah mengatakan, sepanjang 2024, pihaknya mencatat telah terjadi 195 kali kecelakaan lalu lintas di perlintasan sebidang yang mengakibatkan 68 orang meninggal. Sedangkan pada tahun 2023, terjadi 327 kali kecelakaan yang mengakibatkan 94 orang meninggal.

"Salah satu faktor tingginya angka kecelakaan pada perlintasan lantaran para pengendara yang tetap melaju meskipun sudah ada peringatan melalui rambu-rambu terpasang pada perlintasan resmi," kata Dadan dalam keterangannya, Minggu, 7 Juli 2024. 

Dadan mengingatkan, pelanggaran lalu lintas di perlintasan sebidang, tak hanya membahayakan pengendara jalan, tapi juga perjalanan kereta api.

Oleh karena itu, selain melakukan sosialisasi kepada pengendara jalan, KAI juga menutup dan memasang patok pada perlintasan liar yang rawan terjadi kecelakaan. Dimana, sebanyak 123 perlintasan liar telah ditutup pada tahun 2023. Adapun pada 2024 (hingga 30 Juni), KAI telah menutup 113 perlintasan liar.

"Keselamatan di perlintasan sebidang dapat terwujud jika seluruh unsur masyarakat dapat bersama-sama peduli. Diharapkan kepedulian seluruh stakeholder (pemangku kepentingan) termasuk para pengguna jalan dapat mewujudkan keselamatan di perlintasan sebidang," tukas Dadan. 

BERITALAINNYA
BERITATERKINI