HUT BHAYANGKARA KE-78

Jokowi Apresiasi Kinerja Polri Jaga Stabilitas Negara

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Senin, 01 Juli 2024 | 23:11 WIB
Presiden Jokowi di HUT Bhayangkara ke-78 (SinPo.id/ Ashar)
Presiden Jokowi di HUT Bhayangkara ke-78 (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat HUT Bhayangkara ke-78 kepada seluruh keluarga besar Polri di seluruh Indonesia. Jokowi mengapresiasi kerja keras dan pengabdian seluruh anggota Polri dalam menjaga stabilitas dan keamanan selama proses demokrasi Pemilu 2024 serta agenda-agenda besar pembangunan Indonesia.

“Polri tidak ada liburnya. Polri ada di mana-mana, tidak ada wilayah yang terlewatkan bagi Polri. Tapi di sisi lain, artinya rakyat juga melihat dari dekat seluruh gerak-gerik dan tindak tanduk Polri,” kata Jokowi saat menjadi inspektur upacara pada Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024, di Pelataran Merdeka Monumen Nasional Jakarta, Senin, 1 Juli 2024.

Dalam amanatnya, Jokowi menyatakan kepuasannya terhadap survei terbaru yang menunjukkan citra Polri semakin baik, bahkan menempati urutan tertinggi kedua. Menurutnya, hal ini patut dipertahankan dan ditingkatkan, karena tantangan ke depan akan semakin rumit dan penuh dengan ketidakpastian, baik dari sisi geopolitik, ekonomi, teknologi, hingga iklim.

“Dengan apa? Dengan komunikasi publik yang baik, dengan menjadi contoh, dengan menjadi teladan, dengan membangun etika pelayanan yang berorientasi kepada rakyat,” ujar dia.

Polri, kata Jokowi, harus semakin lincah, adaptif dan memiliki cara pandang strategis, menjadi cooling system dan perekat kebhinekaan, profesional dan tidak tebang pilih dalam penegakan hukum, serta harus memiliki kemampuan teknis yang lebih unggul dari pelaku-pelaku kejahatan.

“Apalagi dalam menghadapi kejahatan transnasional yang semakin kompleks dan canggih, Polri juga harus mampu mengikuti perkembangan iptek dan menjalin kerja sama untuk memperkuat keamanan negeri kita,” kata dia.

Memasuki tahapan Pilkada 2024, Jokowi meminta Polri turut mendukung dan menyukseskan pesta demokrasi ini dengan menjaga netralitas, stabilitas, dan menjaga demokrasi agar pilkada dapat berlangsung aman, jujur, dan adil.

“Selamat Hari Bhayangkara ke-78. Jadilah insan bhayangkara yang menjunjung tinggi Tribrata Polri yang solid secara internal, yang sinergis secara eksternal, khususnya dengan TNI, serta setia melayani dan mengayomi masyarakat. Dirgahayu Polri!” tandasnya.sinpo

Komentar: