Erick Thohir Minta PLN Pastikan Kesiapan Listrik untuk Peringatan HUT RI di IKN

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 01 Juli 2024 | 13:06 WIB
Menteri BUMN Erick Tohir (SinPo.id/BUMN)
Menteri BUMN Erick Tohir (SinPo.id/BUMN)

SinPo.id - Menteri BUMN Erick Thohir, meminta PLN untuk memastikan kesiapan listrik untuk peringatan hari kemerdekaan yang akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN). Terlebih PLTS di IKN juga sudah memproduksi 10 megawatt, dengan kebutuhan IKN yang baru mencapai 1 megawatt.

Hal itu ia sampaikan dalam kunjungannya ke IKN untuk memastikan PLTS IKN beroperasi melistriki kawasan IKN, khususnya untuk peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79.

“Kami ingin PLN, baik melalui PLTS ataupun gardu induknya mampu memasok listik, tak hanya untuk kebutuhan daya total untuk venue upacara HUT Kemerdekaan, tapi juga memastikan pasokan listrik interkoneksi di Kalimantan juga aman," kata Erick, dikutip Senin, 1 Juli 2024.

Menanggapi hal itu, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, menyatakan pihaknya siap menghadirkan listrik yang bersih dan andal untuk peringatan Hari Kemerdekaan RI yang akan dilaksanakan di IKN, dan PLN juga telah memetakan kebutuhan listrik di IKN, sebesar 1,5 megawatt.

“Peringatan HUT RI ini kami pastikan akan dipask full menggunakan listrik hijau dari PLTS IKN,” ucap Darmawan.

Selain itu, pada peringatan HUT RI, pihaknya akan menggunakan skema kelistrikan 4 layer, untuk venue utama, Beranda Nusantara, Perkantoran Kawasan Inti Pusat Pemerintahan, Bandara dan Penginapan VVIP/VIP.

Sementara untuk mendukung penggunaan kendaraan listrik saat pelaksanaan peringatan HUT RI, PLN juga telah menyiapkan 16 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang bisa digunakan para pejabat negara, tamu undangan, dan peserta peringatan HUT RI.

"Kami siap all out menyukseskan peringatan HUT RI ke-79 di IKN dengan menghadirkan layanan energi bersih secara end to end,” katanya menambahkan.sinpo

Komentar: