Irwan Demokrat: Peningkatan Kerja Sama Internasional Penting untuk Majukan Konservasi Hutan Indonesia

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 28 Juni 2024 | 17:55 WIB
Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Irwan. (SinPo.id/Dok. Pribadi)
Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Irwan. (SinPo.id/Dok. Pribadi)

SinPo.id - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Irwan menyatakan peningkatan kerja sama dan pendanaan internasional sangat penting untuk upaya memajukan konservasi hutan di Indonesia. 

Menurutnya, pemerintahan RI ke depan berkewajiban untuk memperkuat hubungan internasional terkait konservasi hutan di Indonesia..

"Tentu sangat penting (peningkatan kerja sama internasional). Di samping masyarakat memainkan peran penting dalam perlindungan keanekaragaman hayati maka peningkatan kerja sama dan pendanaan internasional sangat penting untuk memajukan upaya konservasi hutan di Indonesia," kata Irwan lewat keterangan tertulis pada Jumat, 28 Juni 2024.

Pemilik sapaan akrab Irwan Fecho itu mengibaratkan, konservasi hutan seperti mitigasi panjang negara dalam upaya mencegah kerusakan lingkungan dan memastikan keberlanjutan ekosistem hutan.

Menurutnya, konservasi hutan itu berupa pelestarian, perlindungan, dan pengelolaan sumber daya hutan dalam jangka panjang demi keberlangsungan keanekaragaman hayati, ekosistem berikut manfaat ekologis, ekonomis, dan sosial budayanya.

Atas dasar itu, ia menapresiasi langkah calon presiden RI terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto yang memasukkan isu  penyelarasan kehidupan yang harmonis dengan lingkungan, alam dan budaya di dalam Asta Cita-visi dan misi Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024 lalu. 

Lebih lanjut, peraih gelar doktor kehutanan dari Universitas Mulawarman itu menyampaikan, Indonesia harus dilihat dan ditempatkan sebagai sebuah negara yang penting bagi keanekaragaman hayati global serta stabilitas iklim. 

Dengan demikian, menurutnya, sudah seharusnya Indonesia mejadi pemimpin terdepan dalam isu dan aksi global terkait konservasi hutan.

"Tentu pemerintahan RI ke depan wajib memperkuat hubungan internasional ini. Kita mesti dapat menyediakan sumber daya, keahlian,dan dukungan kebijakan yang diperlukan untuk mengatasi tantangan konservasi yang kompleks," tutur Juru Bicara TKN Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 itu.

Irwan menambahkan, Indonesia dapat secara signifikan meningkatkan kerja sama internasional dan pendanaan untuk konservasi kehutanan dengan menerapkan berbagai strategi tersebut.

"Itu sekaligus memastikan bahwa Indonesia tidak hanya mengatasi tantangan lingkungan hidup namun juga berkontribusi terhadap upaya keberlanjutan global," tutur putra Kaltim itu.sinpo

Komentar: