Timwas DPR Ungkap Alasan Pansus Haji Perlu Dibentuk

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 28 Juni 2024 | 11:33 WIB
Anggota Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI Luluk Nur Hamidah. (SinPo.id/Galuh Ratnatika)
Anggota Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI Luluk Nur Hamidah. (SinPo.id/Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Anggota Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI Luluk Nur Hamidah, mengungkapkan pentingnya dibentuk Panitia Khusus (Pansus) Haji, guna memastikan penyelenggaraan ibadah haji berjalan lebih komprehensif dan terintegrasi.

Pasalnya, banyak sekali ditemukan keluhan terkait dengan ekosistem penyelenggaraan haji secara keseluruhan. Satu di antaranya, mengenai sarana-prasarana yang masih kurang memadai. Padahal hal itu merupakan kebutuhan dan hak bagi jemaah haji.

“Misalnya soal pemondokan yang sempit, yang uyel-uyelan, yang kemudian kayak ditumpuk, yang kemudian AC mati. Bahkan banyak yang mereka harus tidur di lorong, kemudian luar biasa situasinya," kata Luluk di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat 28 Juni 2024.

"Kemudian juga katering yang juga belum memuaskan, walaupun ada perbaikan tetapi juga masih ditemukan hal-hal yang tidak sesuai lah dengan yang seharusnya itu bisa dinikmati oleh jemaah kita,” lanjutnya.

Tak hanya itu, pelayanan yang diberikan juga tidak sesuai dengan jumlah biaya yang dikeluarkan oleh jemaah haji. Salah satunya terlihat dari menu makanan yang disediakan. Padahal biaya yang dikeluarkan oleh jemaah haji tidak sedikit.

“Apalagi biayanya (haji) itu juga tidak sedikit. Jadi kalau kita lihat komponen kateringnya, makanannya, menunya dengan berapa yang itu dibayarkan, itu memang terlalu banyak untung lah,” ungkapnya.

Oleh karena itu, pihaknya mendorong pemerintah untuk membuat roadmap atau perta jalan agar penyelenggaraan haji ke depannya dapat lebih komprehensif, progresif, revolusioner, inklusif, dan ramah lansia. Sehingga Pansus penting dibentuk untuk perbaikan.sinpo

Komentar: