Istana Bantah Kabar Jokowi Sodorkan Kaesang untuk Pilkada Jakarta

Laporan: Tio Pirnando
Jumat, 28 Juni 2024 | 10:17 WIB
Staf Khusus Presiden Grace Natalie. (SinPo.id/Anam)
Staf Khusus Presiden Grace Natalie. (SinPo.id/Anam)

SinPo.id - Staf Khusus Presiden Grace Natalie membantah pernyataan Sekretaris Jenderal Partai Keadilan (PKS) Aboe Bakar Al Habsyi yang menyebut Presiden Joko Widodo menyodorkan nama putranya, Kaesang Pangarep, kepada partai-partai untuk diusung maju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024. 

Menurut Grace, pengusungan calon merupakan ranah internal partai politik. 

"Tidak benar itu Pak Presiden menyodorkan nama Kaesang ke partai-partai. Pak Presiden tidak ikut campur terkait dengan pilkada di mana pun. Persoalan pilkada adalah ranah partai," kata Grace kepada wartawan pada Jumat, 28 Juni 2024. 

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini menyampaikan, Presiden Joko Widodo sampai saat ini lebih fokus mengerjakan tugas-tugas kepresidenan sampai Oktober 2024.

Lagi pula, lanjut Grace, urusan pencalonan figur di pilkada, tingkat popularitas hingga perolehan jumlah kursi partai di DPRD sebagai syarat pencalonan, adalah hal yang tidak terkait dengan kepresidenan.

"Urusan pencalonan pilkada, bicara soal popularitas dan jumlah kursi masing-masing partai. Kuncinya di situ, diskusinya di situ, bukan di Presiden," ujar Grace.

Sebelumnya, Sekjen PKS Aboe Bakar Habsyi mengatakan bahwa Presiden Jokowi telah menyodorkan nama Kaesang kepada partai-partai politik untuk diusung dalam Pilkada Jakarta.

Kaesang, yang merupakan Ketua Umum PSI, diisukan ingin dipasangkan dengan mantan gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.sinpo

Komentar: