Pilkada Jember 2024

Survei: Faida Dianggap Mampu Mendongkrak Ekonomi Kabupaten Jember

Laporan: Bayu Primanda
Kamis, 27 Juni 2024 | 23:44 WIB
Faida semasa menjabat sebagai Bupati Jember (Sinpo.id/Pemkab Jember)
Faida semasa menjabat sebagai Bupati Jember (Sinpo.id/Pemkab Jember)

SinPo.id -  Lembaga survei Laboratorium Suara Indonesia (LSI) merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas bakal calon Bupati Jember 2024.

Direktur Eksekutif LSI, Albertus Dino mengatakan survei tersebut mengerucut pada 7 nama yang santer dikabarkan maju pada Pilkada Jember 2024.

Ketujuh nama tersebut terdiri dari, Bupati Jember incumbent, Hendy Siswanto; Mantan Bupati Jember, Faida; Anggota DPRD Jember, Muhammad Fawait; Tokoh Masyarakat, M Jaddin Wajad.

Kemudian, Wakil Ketua DPRD Jember, Agus Sofyan; Ketua DPD Golkar Jember, Karimullah Dahrujiadi; Legislator Jember, Hadi Supaat; dan Mantan Teknokrat Kementrian PUPR Nanang Handono.

Dalam survei tersebut, Mantan bupati Jember, Faida paling tinggi tingkat penerimaannya oleh masyakat Jember sebanyak 84,7 persen.

Faida disusul Bupati Jember incumbent Hendy Siswanto dengan 54,8 persen dan Muhammad Fawait 52,8 persen. Adapun tokoh lain hanya meraih elektabilitas di bawah 50 persen.

Untuk mengetahui lebih jauh elektabilitas masing-masing bakal calon, Albertus Dino mengatakan pihaknya melakukan simulasi 3 nama tertinggi dalam survei.

"Hasilnya adalah tingkat elektabilitas Faida mencapai 39,1 persen; Kemudian Hendy Siswanto 25,3 persen; Muhammad Fawait 22,8 persen dan tidak memilih 12,8 persen," jelasnya.

Dino mengatakan survei dilakukan pada rentang waktu mulai tanggal 3 Junin2024 hingga 14 Juni 2024.

"Survei ini didasarkan pada populasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Jember  pada pemilu 2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode random sampling,” kata Albertus Dino.

Sampel yang berhasil dikumpulkan untuk survei kali ini sebanyak 2.100 warga Kabupaten Jember yang berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah, dan tersebar secara proporsional di 31 kecamatan di Kabupaten Jember.

Survei ini diklaim memiliki margin of error ±2,14 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka menggunakan platform kuisioner digital G-Form, didukung oleh teknologi informasi untuk memastikan kecepatan dan akurasi data dari penelitian awal terhadap nama-nama yang muncul dan diketahui telah mendaftar ke Partai Politik (Parpol) untuk menjadi Calon Bupati Jember.

Menanggapi survei itu, Pengamat politik Citra Institute, Yusak Farchan menilai moncernya elektabilitas Faida lantaran masih mempunyai kesan baik di mata warga Jember.

“Faida unggul di survey LSI sebagai tokoh yang diterima masyarakat Jember sebagai  pemimpin Jember 2024, karena masih mempunyai kesan di mata warga Jember,” kata Yusak kepada wartawan, Kamis, 27 Juni 2024.

Yusak menyebutkan Faida masih mendapat peluang untuk menang di pilbub Jember 2024. Ditambah dengan adanya dukungan dari partai politik yang mendukung Faida sebagai Bakal Cabup Jember 2024.

“Ya tentunya Faida masih mendapat kesempatan atau peluang untuk menang di pilbub Jember 2024. Ditambah dengan adanya dukungan dari partai politik yang mendukung Faida sebagai Bacabup Jember 2024,” ucap Yusak.sinpo

Komentar: